3 Bahasa Situs Web dan Penggunaan Program JavaScript

Ada sejumlah tempat berbeda di mana JavaScript dapat digunakan tetapi tempat paling umum untuk menggunakannya adalah di halaman web. Bahkan, bagi kebanyakan orang yang menggunakan JavaScript , di halaman web adalah satu-satunya tempat di mana mereka menggunakannya.

Tiga Bahasa Situs Web
Persyaratan pertama dari suatu halaman web adalah untuk menentukan konten dari halaman web tersebut. Ini dilakukan dengan menggunakan bahasa markup yang mendefinisikan apa yang masing-masing bagian komponen konten. Bahasa yang biasanya digunakan untuk markup konten adalah HTML meskipun XHTML juga dapat digunakan jika Anda tidak memerlukan halaman untuk bekerja di Internet Explorer.

HTML mendefinisikan apa kontennya. Ketika ditulis dengan benar, tidak ada upaya yang dilakukan untuk menentukan bagaimana konten itu seharusnya terlihat. Bagaimanapun, konten harus terlihat berbeda tergantung pada perangkat apa yang digunakan untuk mengaksesnya. Perangkat seluler umumnya memiliki layar lebih kecil dari komputer. Salinan konten yang dicetak akan memiliki lebar tetap dan mungkin tidak mengharuskan semua navigasi disertakan. Bagi orang-orang yang mendengarkan halaman, itu akan menjadi bagaimana halaman dibaca daripada bagaimana tampilannya yang perlu didefinisikan.

Penampilan dari suatu halaman web didefinisikan menggunakan Cascading Style Sheets (CSS) yang menentukan media yang mana perintah khusus berlaku untuk, sehingga format konten tepat untuk perangkat.

Dengan hanya menggunakan dua bahasa ini, Anda dapat membuat halaman web statis yang dapat diakses terlepas dari perangkat apa yang digunakan untuk mengakses halaman. Halaman statis ini dapat berinteraksi dengan pengunjung Anda melalui penggunaan formulir. Setelah formulir diisi dan dikirim, permintaan dikirim kembali ke server tempat halaman web statis baru dibuat dan akhirnya diunduh ke browser.

Kerugian besar halaman web seperti ini adalah bahwa satu-satunya cara pengunjung Anda berinteraksi dengan halaman adalah dengan mengisi formulir dan menunggu halaman baru dimuat.

Tambahkan JavaScript untuk Halaman Dinamis
JavaScript menerjemahkan halaman statis Anda menjadi halaman yang dapat berinteraksi dengan pengunjung Anda tanpa mereka perlu menunggu halaman baru dimuat setiap kali mereka membuat permintaan. JavaScript menambahkan perilaku ke halaman web di mana halaman merespons tindakan tanpa perlu memuat halaman baru untuk memproses permintaan.

Pengunjung Anda tidak perlu lagi mengisi seluruh formulir dan mengirimkannya untuk diberi tahu bahwa mereka membuat kesalahan ketik pada bidang pertama dan harus memasukkannya lagi. Dengan JavaScript, Anda dapat memvalidasi masing-masing bidang saat mereka memasukkannya dan memberikan umpan balik segera ketika mereka salah.

JavaScript juga memungkinkan halaman Anda interaktif dengan cara lain yang tidak melibatkan formulir sama sekali. Anda dapat menambahkan animasi ke dalam halaman yang menarik perhatian ke bagian tertentu dari halaman atau yang membuat halaman lebih mudah digunakan. Anda dapat memberikan respons di dalam halaman web untuk berbagai tindakan yang dilakukan pengunjung Anda untuk menghindari kebutuhan untuk memuat halaman web baru untuk merespons. Anda bahkan dapat meminta JavaScript memuat gambar, objek, atau skrip baru ke halaman web tanpa perlu memuat ulang seluruh halaman. Bahkan ada cara JavaScript untuk mengirimkan permintaan kembali ke server dan menangani respons dari server tanpa perlu memuat halaman baru.

Memasukkan JavaScript ke dalam halaman web memungkinkan Anda meningkatkan pengalaman pengunjung dengan mengubahnya dari halaman statis menjadi halaman yang dapat berinteraksi dengannya. Satu hal penting yang perlu diingat adalah bahwa tidak semua orang yang mengunjungi halaman Anda akan memiliki JavaScript dan karenanya halaman Anda masih harus bekerja untuk mereka yang tidak memiliki JavaScript. Gunakan JavaScript untuk membuat halaman Anda berfungsi lebih baik bagi mereka yang memilikinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel