Apakah Aman Mencerna Es Kering?

Es kering adalah karbon dioksida padat. Pada -109,3 derajat Fahrenheit (-78,5 derajat C), ini sangat, sangat dingin! Es kering mengalami sublimasi, yang berarti bentuk padat karbon dioksida berubah langsung menjadi gas tanpa fase cair perantara. Bisakah Anda menyentuhnya atau memakannya dan apa yang terjadi jika Anda melakukannya?


Konsekuensi Menyentuh atau Menelan Es Kering
Anda dapat menyentuh es kering secara singkat tanpa membahayakan. Namun, Anda tidak dapat menahannya terlalu lama atau Anda akan menderita radang dingin.

Menyentuh es kering sangat mirip dengan menyentuh sesuatu yang sangat panas. Jika Anda menusuknya, Anda akan merasakan suhu ekstrem dan mungkin mengalami sedikit kemerahan tetapi tidak ada kerusakan permanen yang dilakukan. Namun, jika Anda memegang es kering yang dingin lebih dari satu detik, sel-sel kulit Anda akan membeku dan mulai mati. Kontak yang terlalu lama dengan es kering menyebabkan radang dingin, yang dapat menyebabkan luka bakar dan bekas luka. Tidak apa-apa untuk mengambil sepotong es kering dengan kuku Anda karena keratin tidak hidup dan tidak dapat dirusak oleh suhu. Biasanya, lebih baik memakai sarung tangan untuk mengambil dan menahan es kering. Penjepit logam tidak berfungsi dengan baik karena es kering menguap pada kontak, menyebabkannya bergerak di pegangan logam.

Menelan es kering jauh lebih berbahaya daripada memegangnya. Es kering dapat membekukan jaringan di mulut, kerongkongan, dan perut Anda. Namun, risiko yang paling signifikan adalah dari sublimasi es kering menjadi gas karbon dioksida. Penumpukan tekanan yang ekstrem dapat menghancurkan perut Anda, menyebabkan cedera permanen atau bahkan kematian. Es kering meresap ke dasar minuman, sehingga terkadang terlihat dalam koktail efek kabut khusus. Bahaya terbesar mungkin adalah ketika orang mencoba "merokok" es kering, di mana mereka meletakkan sepotong kecil es kering di mulut mereka untuk meniup kepulan asap. Meskipun penghibur dan guru profesional dapat melakukan demonstrasi ini, ada risiko nyata untuk tidak sengaja menelan sepotong es kering.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel