Cara Membuktikan Udara Memiliki Volume


Udara, dan bagaimana perilakunya dan pergerakannya, penting untuk memahami proses dasar yang mengarah pada cuaca . Tetapi karena udara (dan atmosfer ) tidak terlihat, mungkin sulit untuk menganggapnya memiliki sifat seperti massa , volume, dan tekanan - atau bahkan berada di sana sama sekali!

Kegiatan dan demo sederhana ini akan membantu Anda membuktikan bahwa udara memang memiliki volume (atau dalam istilah yang lebih sederhana, membutuhkan ruang).

Kegiatan 1: Gelembung Udara Bawah Air

Bahan:
  • Tangki ikan kecil (5 galon) atau wadah besar lainnya
  • Jus atau gelas
  • Keran air
Prosedur:
  1. Isi tangki atau wadah besar sekitar 2/3 penuh air. Balikkan gelas minum dan dorong langsung ke bawah ke dalam air.
  2. Tanyakan, Apa yang Anda lihat di dalam gelas? (Jawab: air, dan udara terperangkap di atas)
  3. Sekarang, sedikit ujung gelas untuk memungkinkan gelembung udara keluar dan mengapung ke permukaan air.
  4. Tanyakan, Mengapa ini terjadi? (Jawab: Gelembung udara membuktikan ada udara yang memiliki volume di dalam gelas. Udara, saat bergerak keluar dari kaca, digantikan oleh air pembuktian yang membutuhkan ruang.)

Kegiatan 2: Balon Udara
Bahan:
  • Balon kempes
  • Botol soda 1 liter (dengan label dilepas)

Prosedur:
  1. Turunkan balon kempes ke leher botol. Regangkan ujung balon yang terbuka di atas mulut botol.
  2. Tanyakan, Menurut Anda, apa yang akan terjadi pada balon jika Anda mencoba mengembang seperti ini (di dalam botol)? Akankah balon mengembang sampai menempel di sisi botol? Akankah itu meletus?
  3. Selanjutnya, letakkan mulut Anda di botol dan cobalah untuk meledakkan balon.
  4. Diskusikan mengapa balon tidak melakukan apa-apa. (Jawab: Pertama-tama, botol itu penuh dengan udara. Karena udara membutuhkan ruang, Anda tidak dapat meledakkan balon karena udara yang terperangkap di dalam botol membuatnya tidak menggembung.)

Contoh Alternatif
Cara lain yang sangat sederhana untuk menunjukkan bahwa udara membutuhkan ruang? Ambil balon atau tas makan siang kertas cokelat. Tanyakan: Apa isinya? Kemudian tiup ke dalam tas dan pegang tangan Anda erat-erat di atasnya. Tanyakan: Apa yang ada di dalam tas sekarang? (Jawab: udara)

Kesimpulan
Udara terdiri dari berbagai gas . Dan meskipun Anda tidak dapat melihatnya, aktivitas di atas telah membantu kami membuktikan bahwa ia memiliki berat, meskipun tidak banyak berat - udara tidak terlalu padat. Apa pun yang berbobot juga memiliki massa, dan menurut hukum fisika, ketika sesuatu memiliki massa, ia juga membutuhkan ruang. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel