Definisi dan Contoh Radiasi


Radiasi dan radioaktivitas adalah dua konsep yang mudah membingungkan. Ingat saja, suatu zat tidak perlu radioaktif untuk memancarkan radiasi. Mari kita lihat definisi radiasi dan lihat perbedaannya dari radioaktivitas.

Definisi Radiasi
Radiasi adalah emisi dan perambatan energi dalam bentuk gelombang, sinar atau partikel. Ada tiga jenis utama radiasi:
  • Radiasi non-pengion: Ini adalah pelepasan energi dari wilayah berenergi rendah dari spektrum elektromagnetik. Sumber radiasi non-pengion termasuk cahaya, radio, gelombang mikro , inframerah (panas), dan sinar ultraviolet .
  • Radiasi pengion: Ini adalah radiasi dengan energi yang cukup untuk menghilangkan elektron dari orbital atom, membentuk ion. Radiasi pengion meliputi sinar-x, sinar gamma, partikel alfa, dan partikel beta.
  • Neutron: Neutron adalah partikel yang ditemukan dalam inti atom. Ketika mereka melepaskan diri dari inti, mereka memiliki energi dan bertindak sebagai radiasi.

Contoh Radiasi
Radiasi termasuk pancaran dari setiap bagian dari spektrum elektromagnetik , ditambah lagi termasuk pelepasan partikel. Contohnya termasuk:
  • Lilin yang menyala memancarkan radiasi dalam bentuk panas dan cahaya.
  • Matahari memancarkan radiasi dalam bentuk cahaya, panas, dan partikel.
  • Uranium-238 yang membusuk menjadi Thorium-234 memancarkan radiasi dalam bentuk partikel alfa .
  • Elektron yang jatuh dari satu keadaan energi ke radiasi pancaran keadaan lebih rendah dalam bentuk foton.


Perbedaan Antara Radiasi dan Radioaktivitas
Radiasi adalah pelepasan energi, baik berupa gelombang atau partikel. Radioaktivitas mengacu pada pembusukan atau pemisahan inti atom. Bahan radioaktif melepaskan radiasi ketika meluruh. Contoh peluruhan termasuk peluruhan alfa, peluruhan beta, peluruhan gamma, pelepasan neutron, dan fisi spontan. Semua isotop radioaktif melepaskan radiasi, tetapi tidak semua radiasi berasal dari radioaktivitas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel