Komposisi Kimia Pada Tubuh Manusia

Banyak elemen yang ditemukan di seluruh alam juga ditemukan di dalam tubuh. Ini adalah komposisi kimia tubuh manusia dewasa rata-rata dalam hal unsur dan juga senyawa.

Kelas Utama Senyawa dalam Tubuh Manusia
Sebagian besar unsur ditemukan dalam senyawa. Air dan mineral adalah senyawa anorganik. Senyawa organik termasuk lemak, protein, karbohidrat, dan asam nukleat.

  • Air:  Air adalah senyawa kimia paling melimpah dalam sel manusia yang hidup , terhitung 65 persen hingga 90 persen dari setiap sel. Ini juga hadir di antara sel. Sebagai contoh, darah dan cairan serebrospinal sebagian besar adalah air.
  • Lemak: The persentase lemak bervariasi dari orang ke orang, tetapi bahkan orang obesitas memiliki lebih banyak air daripada lemak.
  • Protein: Pada pria kurus, persentase protein dan air sebanding. Sekitar 16 persen massa. Otot, termasuk jantung, mengandung banyak otot. Rambut dan kuku adalah protein. Kulit juga mengandung sejumlah besar protein.
  • Mineral: Mineral menyumbang sekitar 6 persen dari tubuh. Mereka termasuk garam dan logam. Mineral yang umum termasuk natrium, klor, kalsium, kalium, dan zat besi.
  • Karbohidrat: Meskipun manusia menggunakan glukosa gula sebagai sumber energi, tidak banyak yang bebas dalam aliran darah pada waktu tertentu. Gula dan karbohidrat lain hanya menyumbang sekitar 1% dari massa tubuh.

Elemen dalam Tubuh Manusia
Enam elemen menyumbang 99% dari massa tubuh manusia . Akronim CHNOPS dapat digunakan untuk membantu mengingat enam unsur kimia utama yang digunakan dalam molekul biologis. C adalah karbon, H adalah hidrogen, N adalah nitrogen, O adalah oksigen, P adalah fosfor, dan S adalah sulfur. Meskipun akronim adalah cara yang baik untuk mengingat identitas elemen, itu tidak mencerminkan kelimpahannya.
  • Oksigen adalah unsur paling melimpah di tubuh manusia yang jumlahnya sekitar 65% dari massa seseorang. Setiap molekul air terdiri dari dua atom hidrogen yang terikat pada satu atom oksigen, tetapi massa masing-masing atom oksigen jauh lebih tinggi daripada massa gabungan hidrogen. Selain menjadi komponen air, oksigen sangat penting untuk respirasi sel.
  • Karbon terkandung dalam semua senyawa organik, itulah sebabnya karbon adalah unsur paling melimpah kedua dalam tubuh, terhitung sekitar 18% dari massa tubuh. Karbon ditemukan dalam protein, karbohidrat, lipid, dan asam nukleat. Ini juga ditemukan dalam karbon dioksida.
  • Atom hidrogen adalah jenis atom paling banyak pada manusia, tetapi karena sangat ringan, mereka hanya membentuk sekitar 10% dari massa. Hidrogen ada di dalam air, plus itu pembawa elektron yang penting.
  • Nitrogen adalah sekitar 3,3% dari massa tubuh. Ini ditemukan dalam protein dan asam nukleat.
  • Akun kalsium untuk 1,5% dari massa tubuh. Ini digunakan untuk membangun tulang dan gigi, ditambah lagi penting untuk kontraksi otot.
  • Fosfor adalah sekitar 1% dari massa tubuh. Unsur ini ditemukan dalam asam nukleat. Memutus ikatan yang menghubungkan molekul fosfat adalah komponen utama transfer energi.
  • Kalium adalah sekitar 0,2-0,4% dari massa seseorang. Ini digunakan dalam konduksi saraf. Kalium adalah kation kunci atau ion bermuatan positif dalam tubuh.
  • Belerang ditemukan dalam beberapa asam amino dan protein. Ini sekitar 0,2-0,3% dari massa tubuh.
  • Sodium , seperti kalium, adalah ion yang bermuatan positif. Ini sekitar 0,1-0,2% dari massa tubuh. Sodium membantu mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan mempertahankan homeostasis sehubungan dengan volume air dalam darah dan sel.

Meskipun aluminium dan silikon berlimpah di kerak bumi, mereka ditemukan dalam jumlah kecil di tubuh manusia .

Elemen lainnya termasuk logam, yang sering kofaktor untuk enzim (misalnya, kobalt vitamin B12). Elemen jejak termasuk besi, kobalt, seng, yodium, selenium, dan flourine.
ElemenPersen menurut Massa
Oksigen65
Karbon18
Hidrogen10
Nitrogen3
Kalsium1.5
Fosfor1.2
Kalium0,2
Belerang0,2
Klorin0,2
Sodium0,1
Magnesium0,05
Besi, kobalt, tembaga, seng, yodiumjejak
Selenium, Fluor
jumlah menit

Apakah Tubuh Mengandung Semua Unsur?
Rata-rata tubuh manusia mengandung sejumlah kecil elemen yang tidak memiliki fungsi biologis yang diketahui. Ini termasuk germanium, antimony, perak, niobium, lanthanum, telurium, bismut, talium, emas, dan bahkan unsur radioaktif seperti thorium, uranium, dan radium. Namun, tidak semua elemen pada tabel periodik ditemukan dalam tubuh. Ini terutama adalah elemen sintetis, yang dibuat di laboratorium. Bahkan jika mereka terjadi di dalam tubuh, sebagian besar inti superheavy memiliki waktu paruh yang singkat, mereka akan membusuk menjadi salah satu elemen yang lebih umum hampir secara instan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel