Timah dan Fakta Menarik Tentang Timah

Timah (Sn) pertama kali digunakan sebagai elemen paduan dengan tembaga untuk membentuk perunggu. Perunggu lebih mudah dicor dari pada tembaga. Ini memungkinkan pembuatan coran yang lebih kompleks. Timah adalah logam lunak dengan warna perak mengkilap dan sangat tahan korosi di udara dan air. Ketahanan korosi Tin membantu melayani dalam paduan perunggu dan timah, sebagai komponen solder listrik yang tahan lama, dan sebagai pelapis pelindung untuk logam lain.

Properti fisik
  • Kekuatan : Timah adalah salah satu logam terlemah. Misalnya, Anda dapat menekuk atau menghancurkan kaleng dengan tangan kosong. Properti ini tidak memungkinkan timah untuk digunakan sendiri sebagai logam struktural.
  • Daktilitas : Timah adalah logam yang sangat ulet pada suhu kamar, dan juga cukup mudah dibentuk . Ketika dingin di bawah 55 F, timah perlahan berubah dari bentuk yang dikenal sebagai "timah beta" menjadi "timah alfa," yang jauh lebih ulet. Timah juga jauh lebih ulet di atas sekitar 392 F.
  • Konduktivitas: Timah dan beberapa paduannya adalah konduktor listrik yang sangat baik. Lebih dari setengah dari timah yang digunakan secara industri berakhir pada solder untuk membuat sambungan listrik.

Sejarah
Paduan pertama, perunggu, ditemukan sekitar 5000 SM. Ini terdiri dari tembaga dan timah 5-12% berat dan merevolusi cara logam tembaga digunakan. Penambahan timah membuat perunggu jauh lebih sulit dan lebih keras daripada tembaga biasa. Pewter, paduan timah lainnya, digunakan secara luas hingga 200-300 tahun yang lalu dalam peralatan memasak dan makan. Di abad pertengahan, timah dikenal dengan nama latinnya " stannum ," yang merupakan asal dari simbol modern, Sn.

Pada abad 19 dan 20, banyak aplikasi berbeda untuk timah muncul. Elektroplating pertama kali dikembangkan sekitar tahun 1850 dan digunakan untuk melindungi logam yang memiliki sifat fisik lebih baik daripada timah. Contoh dari ini adalah kaleng makanan umum, meskipun kebanyakan dari mereka sebenarnya dibuat hari ini dari aluminium yang lebih murah . Pada 1950-an, Sir Alastair Pilkington menemukan sebuah proses di mana kaca cair melayang di atas kaleng cair, menciptakan permukaan kaca yang sangat datar untuk jendela.

Timah di Pasar
ITRI, sebuah kelompok advokasi industri timah, melaporkan bahwa 340.000 ton timah pendek dikonsumsi secara global setiap tahun. Menurut penelitian ITRI, aplikasi utama untuk timah adalah pada solder dan sebagai pelapisan, terhitung sekitar 60% dari konsumsi timah global.

Timah tidak terjadi secara alami dan harus diekstraksi dari bijih. Penambangan bijih terutama terjadi di Cina, Indonesia, Peru, Brasil, dan Bolivia. LME memperdagangkan timah murni dengan pound.

Paduan Umum
  • Perunggu: 5-12% Sn menurut berat. Digunakan dalam koin, simbal, dan karya seni.
  • Pewter: 85-99% Sn menurut berat. Digunakan terutama hari ini di barang-barang dekoratif.
  • Solder timah timah: 5-70% Sn menurut beratnya.

Fakta Menarik Tentang Timah
Mainan berlapis timah dianggap sebagai yang terbaik di dunia dari pertengahan 1800-an hingga 1950-an ketika mainan plastik memasuki pasar.

Fakta menarik tentang keuletan timah adalah fenomena yang dikenal sebagai "jeritan timah." Sementara timah sedang dibengkokkan, ia mengeluarkan suara paku di papan tulis. Itu terjadi karena lapisan-lapisan molekul dalam logam saling bergeser dan resolidifikasi, juga dikenal sebagai kembaran, memungkinkan logam untuk menekuk tanpa pecah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel