10 Fakta Tentang Sel

Sel adalah unit dasar kehidupan. Apakah mereka bentuk kehidupan uniseluler atau multiseluler, semua organisme hidup terdiri dari dan bergantung pada sel untuk berfungsi secara normal. Para ilmuwan memperkirakan bahwa tubuh kita mengandung 75 hingga 100 triliun sel. Selain itu, terdapat ratusan jenis sel di dalam tubuh. Sel melakukan segalanya mulai dari menyediakan struktur dan stabilitas hingga menyediakan energi dan alat reproduksi bagi suatu organisme. 10 fakta berikut tentang sel akan memberi Anda informasi yang terkenal dan mungkin sedikit diketahui tentang sel.

RANGKUMAN

  • Sel adalah unit dasar kehidupan dan ukurannya sangat kecil, berkisar antara 1 hingga 100 mikrometer. Mikroskop canggih memungkinkan para ilmuwan untuk dapat melihat entitas sekecil itu.
  • Ada dua jenis sel utama: eukariotik dan prokariotik. Sel eukariotik memiliki inti yang terikat membran sedangkan sel prokariotik tidak memiliki inti yang terikat membran.
  • Daerah nukleoid sel atau nukleus mengandung DNA sel (asam deoksiribonukleat) yang berisi informasi genetik yang dikodekan sel.
  • Sel berkembang biak dengan metode yang berbeda. Sebagian besar sel prokariotik berkembang biak dengan pembelahan biner sementara sel eukariotik dapat bereproduksi secara aseksual atau seksual.

Sel terlalu Kecil untuk Dilihat Tanpa Pembesaran

Ukuran sel berkisar dari 1 hingga 100 mikrometer. Studi tentang sel, juga disebut biologi sel, tidak akan mungkin terjadi tanpa penemuan mikroskop. Dengan mikroskop canggih saat ini, seperti Scanning Electron Microscope dan Transmission Electron Microscope, ahli biologi sel dapat memperoleh gambar rinci dari struktur sel terkecil.

Jenis Sel Utama

Sel eukariotik dan prokariotik adalah dua jenis sel utama. Sel eukariotik disebut demikian karena mereka memiliki inti sejati yang tertutup di dalam membran. Hewan, tumbuhan, jamur, dan protista adalah contoh organisme yang mengandung sel eukariotik. Organisme prokariotik termasuk bakteri dan archaeans. Inti sel prokariotik tidak tertutup di dalam membran.

Organisme Sel Tunggal Prokariotik adalah Bentuk Kehidupan Paling Awal dan Paling Primitif di Bumi

Prokariota dapat hidup di lingkungan yang mematikan bagi sebagian besar organisme lain. Ini extremophiles mampu hidup dan berkembang di berbagai habitat yang ekstrim. Archaeans misalnya, hidup di area seperti ventilasi hidrotermal, mata air panas, rawa, lahan basah, dan bahkan usus hewan.

Ada Lebih Banyak Sel Bakteri dalam Tubuh daripada Sel Manusia

Ilmuwan memperkirakan bahwa sekitar 95% dari semua sel di dalam tubuh adalah bakteri . Sebagian besar mikroba ini dapat ditemukan di dalam saluran digetif. Miliaran bakteri juga hidup di kulit.

Sel Mengandung Bahan Genetik

Sel mengandung DNA (asam deoksiribonukleat) dan RNA (asam ribonukleat), informasi genetik yang diperlukan untuk mengarahkan aktivitas seluler. DNA dan RNA adalah molekul yang dikenal sebagai asam nukleat . Dalam sel prokariotik, molekul DNA bakteri tunggal tidak dipisahkan dari bagian sel lainnya tetapi melingkar di wilayah sitoplasma yang disebut wilayah nukleoid. Dalam sel eukariotik, molekul DNA terletak di dalam inti sel. DNA dan protein adalah komponen utama kromosom . Sel manusia mengandung 23 pasang kromosom (dengan total 46). Ada 22 pasang autosom (kromosom non-seks) dan satu pasang kromosom seks. Kromosom seks X dan Y menentukan jenis kelamin.

Organel Yang Melakukan Fungsi Khusus

Organel memiliki berbagai tanggung jawab di dalam sel yang mencakup segala hal mulai dari menyediakan energi hingga memproduksi hormon dan enzim. Sel eukariotik mengandung beberapa jenis organel, sedangkan sel prokariotik mengandung sedikit organel ( ribosom ) dan tidak ada yang terikat oleh suatu membran. Ada juga perbedaan antara jenis organel yang ditemukan dalam berbagai jenis sel eukariotik . Sel tumbuhan misalnya, mengandung struktur seperti dinding sel dan kloroplas yang tidak terdapat pada sel hewan . Contoh organel lainnya meliputi:

  • Nukleus - mengontrol pertumbuhan dan reproduksi sel.
  • Mitokondria - memberikan energi untuk sel.
  • Retikulum Endoplasma - mensintesis karbohidrat dan lipid.
  • Golgi Complex - memproduksi, menyimpan, dan mengirimkan produk seluler tertentu.
  • Ribosom - terlibat dalam sintesis protein.
  • Lisosom - mencerna makromolekul seluler.
  • Bereproduksi Melalui Metode Berbeda

Kebanyakan sel prokariotik mereplikasi dengan proses yang disebut pembelahan biner. Ini adalah jenis proses kloning di mana dua sel identik diturunkan dari satu sel. Organisme eukariotik juga mampu bereproduksi secara aseksual melalui mitosis . Selain itu, beberapa eukariota mampu bereproduksi secara seksual. Ini melibatkan fusi sel kelamin atau gamet. Gamet diproduksi oleh proses yang disebut meiosis.

Kelompok Jaringan Bentuk Sel Sejenis

Jaringan adalah kelompok sel dengan struktur dan fungsi bersama. Sel yang membentuk jaringan hewan terkadang dijalin bersama dengan serat ekstraseluler dan kadang-kadang disatukan oleh zat lengket yang melapisi sel. Berbagai jenis jaringan juga dapat diatur bersama untuk membentuk organ. Kelompok organ pada gilirannya dapat membentuk sistem organ.

Variasi Jangka Hidup

Sel dalam tubuh manusia memiliki masa hidup yang berbeda-beda berdasarkan jenis dan fungsi selnya. Mereka bisa hidup dari beberapa hari sampai satu tahun. Sel-sel tertentu dari saluran pencernaan hidup hanya beberapa hari, sementara beberapa sel sistem kekebalan dapat hidup hingga enam minggu. Sel pankreas bisa hidup selama setahun.

Sel Melakukan Bunuh Diri

Ketika sel menjadi rusak atau mengalami beberapa jenis infeksi, ia akan hancur dengan sendirinya melalui proses yang disebut apoptosis. Apoptosis bekerja untuk memastikan perkembangan yang tepat dan untuk menjaga proses mitosis alami tubuh tetap terkendali. Ketidakmampuan sel untuk menjalani apoptosis dapat menyebabkan perkembangan kanker.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel