Arteri Karotis pada Manusia

Arteri
adalah pembuluh yang membawa darah menjauh dari jantung. Arteri karotis adalah pembuluh darah yang memasok darah ke kepala, leher dan otak. Satu arteri karotis diposisikan di setiap sisi leher. Cabang arteri karotis komunis kanan dari arteri brakiosefalika dan memanjang ke sisi kanan leher. Cabang arteri karotis komunis kiri dari aortadan meluas ke sisi kiri leher. Setiap arteri karotis bercabang menjadi pembuluh internal dan eksternal di dekat bagian atas tiroid. Kedua arteri karotis umum dapat digunakan untuk mengukur denyut nadi seseorang. Bagi mereka yang mengalami syok, ini bisa menjadi ukuran kunci karena arteri perifer lain di tubuh mungkin tidak memiliki denyut yang terdeteksi.

RANGKUMAN

  • Arteri karotis terletak di setiap sisi leher dan merupakan pembuluh darah yang memasok darah beroksigen ke kepala, leher, dan otak.
  • Ada dua cabang utama arteri karotis. Arteri karotis interna memasok darah ke otak dan mata, sedangkan arteri karotis eksterna menyuplai tenggorokan, wajah, mulut, dan struktur serupa.
  • Stenosis arteri karotis, yang lebih umum dikenal sebagai penyakit arteri karotid, adalah akibat dari penyempitan atau penyumbatan arteri yang menyebabkan penurunan aliran darah ke otak. Penyempitan atau pemblokiran ini merupakan salah satu penyebab utama terjadinya stroke.

Mirip dengan arteri lain, arteri karotis memiliki tiga lapisan jaringan yang meliputi intima, media, dan adventitia. Intima adalah lapisan paling dalam dan terdiri dari jaringan halus yang disebut endotel. Media adalah lapisan tengah dan berotot. Lapisan otot ini membantu arteri menahan aliran darah bertekanan tinggi dari jantung. Adventitia adalah lapisan terluar yang menghubungkan arteri ke jaringan.

Fungsi Arteri Karotis

Arteri karotis mensuplai darah yang mengandung oksigen dan nutrisi ke daerah kepala dan leher tubuh.

Arteri Karotis: Cabang

Baik arteri karotis komunis kanan dan kiri bercabang menjadi arteri internal dan eksternal:

  • Arteri Karotis Internal - Memasok darah beroksigen ke otak dan mata.
  • Arteri Karotis Eksternal - Memasok darah beroksigen ke tenggorokan, kelenjar leher, lidah, wajah, mulut, telinga, kulit kepala dan duramater meninges .

Penyakit Arteri Karotis

Penyakit arteri karotis, juga disebut stenosis arteri karotis, adalah suatu kondisi di mana arteri karotis menjadi menyempit atau tersumbat yang menyebabkan penurunan aliran darah ke otak. Arteri bisa tersumbat oleh timbunan kolesterol yang bisa pecah dan menyebabkan pembekuan darah. Gumpalan dan endapan darah dapat terperangkap di pembuluh darah yang lebih kecil di otak, sehingga menurunkan suplai darah ke area tersebut. Ketika suatu area otak kekurangan darah, itu menyebabkan stroke. Penyumbatan arteri karotis merupakan salah satu penyebab utama stroke.

Penyakit arteri karotis berpotensi dapat dicegah dengan mengendalikan faktor risiko yang terkait dengan penyakit tersebut. Sejumlah faktor seperti diet, berat badan, merokok, dan tingkat aktivitas fisik secara keseluruhan merupakan faktor risiko yang penting. Dokter menganjurkan pasien untuk makan makanan sehat yang mencakup banyak buah dan sayuran serta menjaga berat badan yang sehat. Juga sangat penting untuk aktif secara fisik dan berolahraga secukupnya minimal 150 menit per minggu. Merokok juga sangat merusak kesehatan, jadi berhenti merokok adalah pilihan terbaik. Dengan mengendalikan faktor-faktor risiko ini, individu dapat membantu mengurangi kemungkinan mereka mengembangkan penyakit arteri karotis.

USG karotis adalah prosedur yang dapat membantu mendiagnosis penyakit arteri karotis. Prosedur semacam itu menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar rinci dari arteri karotis. Gambar ini dapat menunjukkan apakah salah satu atau kedua arteri mengalami penyumbatan atau menyempit. Prosedur diagnostik ini memungkinkan adanya intervensi sebelum seseorang menderita stroke.

Penyakit arteri karotis bisa bergejala atau asimtomatik. Jika menurut Anda seseorang mengalami masalah yang terkait dengan arteri karotisnya, sebaiknya hubungi bantuan medis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel