Formula Fotosintesis: Mengubah Sinar Matahari Menjadi Energi

Beberapa organisme perlu menciptakan energi yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup. Organisme ini mampu menyerap energi dari sinar matahari dan menggunakannya untuk menghasilkan gula dan senyawa organik lain seperti lipid dan protein. Gula kemudian digunakan untuk menyediakan energi bagi organisme. Proses ini, yang disebut fotosintesis, digunakan oleh organisme fotosintetik termasuk tumbuhan, alga, dan cyanobacteria.

Persamaan Fotosintesis

Dalam fotosintesis, energi matahari diubah menjadi energi kimia. Energi kimia disimpan dalam bentuk glukosa (gula). Karbon dioksida, air, dan sinar matahari digunakan untuk menghasilkan glukosa, oksigen, dan air. Persamaan kimia untuk proses ini adalah:

6CO2 + 12H2O + cahaya → C6H12O6 + 6O2 + 6H2O

Enam molekul karbondioksida (6CO2) dan dua belas molekul air (12H2O) dikonsumsi dalam proses tersebut, sedangkan glukosa (C6H12O6), enam molekul oksigen (6O2), dan enam molekul air ( 6H2 O) diproduksi.

Persamaan ini dapat disederhanakan sebagai: 6CO2 + 6H2O + light → C6H12O6 + 6O2

Fotosintesis pada Tanaman

Pada tumbuhan, fotosintesis terjadi terutama di dalam daun . Karena fotosintesis membutuhkan karbon dioksida, air, dan sinar matahari, semua zat ini harus diperoleh atau diangkut ke daun. Karbon dioksida diperoleh melalui pori-pori kecil di daun tanaman yang disebut stomata. Oksigen juga dilepaskan melalui stomata. Air diperoleh tanaman melalui akar dan dikirim ke daun melalui sistem jaringan tanaman vaskular. Sinar matahari diserap oleh klorofil, pigmen hijau yang terletak di struktur sel tumbuhan yang disebut kloroplas. Kloroplas adalah tempat fotosintesis. Kloroplas mengandung beberapa struktur yang masing-masing memiliki fungsi khusus:

  • Membran luar dan dalam: penutup pelindung yang menjaga struktur kloroplas tetap tertutup.
  • Stroma: cairan padat di dalam kloroplas. Situs konversi karbon dioksida menjadi gula.
  • Tilakoid: struktur membran seperti kantung pipih. Situs konversi energi cahaya menjadi energi kimia.
  • Grana: tumpukan kantung tilakoid berlapis tebal. Situs konversi energi cahaya menjadi energi kimia.
  • Klorofil: pigmen hijau di dalam kloroplas. Menyerap energi cahaya.

Tahapan Fotosintesis

Fotosintesis terjadi dalam dua tahap. Tahapan ini disebut reaksi terang dan reaksi gelap. Reaksi terang terjadi dengan adanya cahaya. Reaksi gelap tidak membutuhkan cahaya langsung, namun reaksi gelap di sebagian besar tumbuhan terjadi pada siang hari.

Reaksi terang sebagian besar terjadi di tumpukan tilakoid grana. Di sini, sinar matahari diubah menjadi energi kimia dalam bentuk ATP (molekul yang mengandung energi bebas) dan NADPH (molekul pembawa elektron berenergi tinggi). Klorofil menyerap energi cahaya dan memulai serangkaian langkah yang menghasilkan produksi ATP, NADPH, dan oksigen (melalui pemisahan air). Oksigen dilepaskan melalui stomata. Baik ATP dan NADPH digunakan dalam reaksi gelap untuk menghasilkan gula.

Reaksi gelap terjadi di stroma. Karbon dioksida diubah menjadi gula menggunakan ATP dan NADPH. Proses ini dikenal sebagai fiksasi karbon atau siklus Calvin. Siklus Calvin memiliki tiga tahapan utama: fiksasi karbon, reduksi, dan regenerasi. Dalam fiksasi karbon, karbon dioksida digabungkan dengan gula 5-karbon [ribulose1,5-biphosphate (RuBP)] menciptakan gula 6-karbon. Pada tahap reduksi, ATP dan NADPH yang dihasilkan pada tahap reaksi terang digunakan untuk mengubah gula 6-karbon menjadi dua molekul karbohidrat 3-karbon., gliseraldehida 3-fosfat. Gliseraldehida 3-fosfat digunakan untuk membuat glukosa dan fruktosa. Kedua molekul ini (glukosa dan fruktosa) bergabung menjadi sukrosa atau gula. Pada tahap regenerasi, beberapa molekul gliseraldehida 3-fosfat digabungkan dengan ATP dan diubah kembali menjadi RuBP gula 5-karbon. Setelah siklus selesai, RuBP tersedia untuk digabungkan dengan karbon dioksida untuk memulai siklus lagi.

Ringkasan Fotosintesis

Singkatnya, fotosintesis adalah proses di mana energi cahaya diubah menjadi energi kimia dan digunakan untuk menghasilkan senyawa organik. Pada tumbuhan, fotosintesis biasanya terjadi di dalam kloroplas yang terletak di daun tumbuhan. Fotosintesis terdiri dari dua tahap, reaksi terang, dan reaksi gelap. Reaksi terang mengubah cahaya menjadi energi (ATP dan NADHP) dan reaksi gelap menggunakan energi dan karbon dioksida untuk menghasilkan gula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel