Istilah Yang digunakan pada Fotosintesis

Fotosintesis adalah proses di mana tumbuhan dan organisme tertentu lainnya membuat glukosa dari karbon dioksida dan air. Untuk memahami dan mengingat cara kerja fotosintesis, ada baiknya untuk mengetahui terminologi. Gunakan daftar istilah dan definisi fotosintesis ini untuk ditinjau atau untuk membuat kartu flash untuk membantu Anda mempelajari konsep fotosintesis yang penting.

ADP adalah singkatan dari adenosine diphosphate, produk dari siklus Calvin yang digunakan dalam reaksi yang bergantung pada cahaya.

ATP adalah singkatan dari adenosine triphosphate. ATP adalah molekul energi utama dalam sel. ATP dan NADPH adalah produk dari reaksi bergantung cahaya pada tumbuhan. ATP digunakan dalam pengurangan dan regenerasi RuBP.

Autotrof adalah organisme fotosintetik yang mengubah energi cahaya menjadi energi kimia yang mereka butuhkan untuk berkembang, tumbuh, dan bereproduksi.

Siklus Calvin adalah sebutan untuk sekumpulan reaksi kimia fotosintesis yang tidak selalu membutuhkan cahaya. Siklus Calvin terjadi di stroma kloroplas. Ini melibatkan fiksasi karbon dioksida menjadi glukosa menggunakan NADPH dan ATP.

Karbon dioksida adalah gas yang secara alami ditemukan di atmosfer yang merupakan reaktan untuk Siklus Calvin.

fiksasi karbon - ATP dan NADPH digunakan untuk memfiksasi CO2 menjadi karbohidrat. Fiksasi karbon terjadi di stroma kloroplas. 

persamaan kimia fotosintesis 6 CO 2 + 6 H 2 O → C 6 H 12 O 6 + 6 O 2

Klorofil adalah pigmen utama yang digunakan dalam fotosintesis. Tanaman mengandung dua bentuk utama klorofil: a & b. Klorofil memiliki ekor hidrokarbon yang mengikatnya ke protein integral di membran tilakoid kloroplas. Klorofil merupakan sumber warna hijau tumbuhan dan autotrof tertentu lainnya.

Kloroplas adalah organel dalam sel tumbuhan tempat terjadinya fotosintesis.

G3P adalah singkatan dari glukosa-3-fosfat. G3P adalah isomer PGA yang terbentuk selama siklus Calvin

glukosa (C6H12O6) - Glukosa adalah gula yang merupakan produk fotosintesis. Glukosa terbentuk dari 2 PGAL.

Granum adalah tumpukan tilakoid (jamak: grana)

Cahaya adalah bentuk radiasi elektromagnetik; semakin pendek panjang gelombangnya semakin besar jumlah energinya. Cahaya memasok energi untuk reaksi cahaya fotosintesis.

kompleks pemanen cahaya (kompleks fotosistem) - Kompleks fotosistem (PS) adalah unit multi-protein dalam membran tilakoid yang menyerap cahaya untuk dijadikan energi reaksi

reaksi terang (light dependent reaction)  - Reaksi bergantung cahaya adalah reaksi kimia yang membutuhkan energi elektromagnetik (cahaya) yang terjadi pada membran tilakoid kloroplas untuk mengubah energi cahaya menjadi bentuk kimia ATP dan NAPDH.

Lumen adalah daerah di dalam membran tilakoid tempat air dipisahkan untuk mendapatkan oksigen. Oksigen berdifusi keluar dari sel, sedangkan proton tetap berada di dalam untuk membangun muatan listrik positif di dalam tilakoid. 

Sel mesofil adalah jenis sel tumbuhan yang terletak di antara epidermis atas dan bawah yang merupakan tempat fotosintesis.

NADPH adalah pembawa elektron berenergi tinggi yang digunakan dalam reduksi

Oksidasi - Oksidasi mengacu pada hilangnya elektron

Oksigen(O2) adalah gas yang merupakan produk dari reaksi yang bergantung pada cahaya

Palisade meophyill adalah luas sel mesofil tanpa banyak ruang udara

PGAL adalah isomer PGA yang terbentuk selama siklus Calvin.

Fotosintesis adalah proses di mana organisme mengubah energi cahaya menjadi energi kimia (glukosa).

fotosistem - Sebuah fotosistem (PS) adalah sekelompok klorofil dan molekul lain dalam tilakoid yang memanen energi cahaya untuk fotosintesis

pigmen - gelombang cahaya tertentu. Klorofil menyerap cahaya biru dan merah serta memantulkan cahaya hijau, sehingga tampak hijau.

reduksi - Reduksi mengacu pada perolehan elektron. Ini sering terjadi bersamaan dengan oksidasi.

Rubisco adalah enzim yang mengikat karbon dioksida dengan RuBP

Tilakoid adalah bagian kloroplas berbentuk cakram, ditemukan dalam tumpukan yang disebut grana.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel