Letak dan Fungsi Batang Otak


Batang otak
adalah wilayah otak yang menghubungkan serebrum dengan sumsum tulang belakang. Terdiri dari otak tengah, medulla oblongata, dan pons. Neuron motorik dan sensorik berjalan melalui batang otak yang memungkinkan untuk menyampaikan sinyal antara otak dan sumsum tulang belakang. Sebagian besar  saraf kranial  ditemukan di batang otak.

Sinyal kontrol koordinat batang otak motorik dikirim dari otak ke tubuh. Wilayah otak ini juga mengontrol fungsi otonom pendukung kehidupan dari sistem saraf tepi. Ventrikel serebral keempat terletak di batang otak, posterior pons dan medula oblongata. Ventrikel berisi cairan serebrospinal ini bersambung dengan saluran air serebral dan saluran sentral sumsum tulang belakang.

Fungsi Batang Otak

Selain menghubungkan otak besar dan sumsum tulang belakang, batang otak juga menghubungkan otak besar dengan otak kecil.

Otak kecil penting untuk mengatur fungsi-fungsi seperti koordinasi gerakan, keseimbangan, keseimbangan, dan tonus otot. Ini diposisikan di atas batang otak dan di bawah lobus oksipital dari korteks serebral.

Saluran saraf berjalan melalui sinyal relai batang otak dari otak kecil ke area korteks serebral yang terlibat dalam kontrol motorik. Hal ini memungkinkan adanya koordinasi gerakan motorik halus yang diperlukan untuk aktivitas seperti berjalan kaki atau bermain video game.

Batang otak juga mengontrol beberapa fungsi penting tubuh termasuk:

  • Kewaspadaan
  • Gairah
  • Pernafasan
  • Kontrol tekanan darah
  • Pencernaan
  • Denyut jantung
  • Fungsi otonom lainnya

Menyampaikan informasi antara saraf tepi dan sumsum tulang belakang ke bagian atas otak

Lokasi Batang Otak

Secara terarah, batang otak terletak di persimpangan serebrum dan tulang belakang. Itu anterior otak kecil.

Struktur Batang Otak

Batang otak terdiri dari otak tengah dan bagian-bagian otak belakang, khususnya pons dan medula. Fungsi utama otak tengah adalah menghubungkan tiga divisi utama otak: otak depan, otak tengah, dan otak belakang.

Struktur utama otak tengah termasuk tektum dan batang otak. Tektum terdiri dari tonjolan bulat materi otak yang terlibat dalam refleks visual dan pendengaran. Batang otak terdiri dari kumpulan besar saluran serat saraf yang menghubungkan otak depan ke otak belakang.

Otak belakang terdiri dari dua subregional yang dikenal sebagai metencephalon dan myelencephalon. Metencephalon terdiri dari pons dan cerebellum. Pons membantu dalam pengaturan pernapasan, serta kondisi tidur dan gairah.

Otak kecil menyampaikan informasi antara otot dan otak. Myelencephalon terdiri dari medula oblongata dan berfungsi menghubungkan sumsum tulang belakang dengan daerah otak yang lebih tinggi. Medula juga membantu mengatur fungsi otonom, seperti pernapasan dan tekanan darah.

Cedera Batang Otak

Cedera pada batang otak yang disebabkan oleh trauma atau stroke dapat menyebabkan kesulitan dengan mobilitas dan koordinasi gerakan. Aktivitas seperti berjalan, menulis, dan makan menjadi sulit dan individu tersebut mungkin memerlukan perawatan seumur hidup.

Stroke yang terjadi di batang otak merusak jaringan otak yang diperlukan untuk pengarahan fungsi vital tubuh seperti pernapasan, irama jantung, dan menelan.

Stroke terjadi ketika aliran darah ke otak terganggu, paling sering oleh gumpalan darah. Ketika batang otak rusak, sinyal antara otak dan bagian tubuh lainnya terganggu. Stroke batang otak dapat menyebabkan masalah pernapasan, detak jantung, pendengaran, dan ucapan. Ini juga dapat menyebabkan kelumpuhan pada lengan dan kaki, serta mati rasa di tubuh atau di satu sisi tubuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel