Macam-macam Sistem Organ Pada Manusia



Tubuh manusia terdiri dari beberapa sistem organ yang bekerja sebagai satu kesatuan. Sistem organ utama tubuh bekerja bersama, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk menjaga fungsi tubuh secara normal.

Sistem organ Utama

Beberapa sistem organ utama tubuh meliputi:

Sistem Peredaran Darah: Sirkulasi sistem beredar darah dengan sirkuit paru dan sistemik. Jalur ini mengangkut darah antara jantung dan bagian tubuh lainnya.

Sistem Pencernaan: sistem pencernaan memproses makanan yang kita makan untuk memasok nutrisi ke tubuh. Nutrisi ini diangkut ke seluruh tubuh oleh sistem peredaran darah.

Sistem endokrin: sistem endokrin mengeluarkan hormon untuk mengatur fungsi organ dan tubuh proses, seperti pertumbuhan dan mempertahankan homeostasis.

Sistem integumen: sistem yg menutupi meliputi bagian luar tubuh, melindungi struktur internal dari kerusakan, kuman, dan dehidrasi.

Sistem Saraf: sistem saraf terdiri dari otak, sumsum tulang belakang, dan saraf. Sistem ini memantau dan mengendalikan semua sistem tubuh dan merespons pengaruh eksternal pada tubuh.

Sistem reproduksi: sistem reproduksi menjamin kelangsungan hidup spesies melalui produksi keturunan oleh reproduksi seksual. Organ reproduksi pria dan wanita juga merupakan organ endokrin yang mengeluarkan hormon untuk mengatur perkembangan seksual. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel