Pengertian dan Fungsi Cerebrum (Otak Besar)


Cerebrum
 
juga dikenal sebagai telencephalon, adalah bagian otak Anda yang terbesar dan paling berkembang. Ini mencakup sekitar dua pertiga dari massa otak dan terletak di atas dan di sekitar sebagian besar struktur otak Anda. Kata cerebrum berasal dari bahasa Latin  cerebru yang berarti "otak".

Fungsi Cerebrum

Cerebrum (Otak besar) terbagi menjadi belahan kanan dan kiri yang dihubungkan oleh lengkungan materi putih yang disebut  corpus callosum. Otak besar diatur secara kontralateral, yang berarti belahan kanan mengontrol dan memproses sinyal dari sisi kiri tubuh, sedangkan belahan kiri mengontrol dan memproses sinyal dari sisi kanan tubuh.

Cerebrum adalah bagian otak yang bertanggung jawab atas fungsi-fungsi tinggi Anda, termasuk:

  • Menentukan kecerdasan
  • Menentukan kepribadian
  • Berpikir
  • Pemikiran
  • Memproduksi dan memahami bahasa
  • Interpretasi impuls sensorik
  • Fungsi motorik
  • Perencanaan dan organisasi
  • Memproses informasi sensorik
  • Korteks serebral

Bagian luar otak Anda ditutupi oleh lapisan tipis jaringan abu-abu yang disebut korteks serebral. Ketebalan lapisan ini 1,5 sampai 5 milimeter. Korteks serebral Anda pada gilirannya dibagi menjadi empat lobus: lobus frontal,  lobus parietal,  lobus temporal, dan lobus oksipital. Otak besar Anda, bersama dengan diencephalon, yang meliputi thalamus, hipotalamus, dan kelenjar pineal, terdiri dari dua bagian utama prosencephalon (otak depan).

Korteks serebral Anda menangani sejumlah fungsi otak yang paling penting. Di antara fungsi-fungsi tersebut adalah pemrosesan informasi sensorik oleh lobus korteks. Struktur otak sistem limbik yang terletak di bawah otak besar juga membantu dalam pemrosesan informasi sensorik. Struktur ini termasuk amigdala, talamus, dan hipokampus. Struktur sistem limbik menggunakan informasi sensorik untuk memproses emosi dan menghubungkan emosi Anda dengan ingatan.

Lobus frontal Anda  bertanggung jawab atas perencanaan dan perilaku kognitif yang kompleks, pemahaman bahasa, produksi ucapan, dan perencanaan serta pengendalian gerakan otot sukarela. Koneksi saraf dengan sumsum tulang belakang dan batang otak memungkinkan otak besar menerima informasi sensorik dari sistem saraf tepi Anda. Otak Anda memproses informasi ini dan menyampaikan sinyal yang menghasilkan respons yang sesuai.

Lokasi Cerebrum

Secara terarah, otak besar Anda dan korteks yang menutupinya adalah bagian paling atas dari otak. Ini adalah bagian anterior dari  otak depan dan lebih unggul dari struktur otak lainnya seperti  pons, cerebellum, dan  medulla oblongata. Otak tengah Anda menghubungkan otak depan ke otak belakang. Otak belakang Anda mengatur fungsi otonom dan mengkoordinasikan gerakan.

Dengan bantuan otak kecil, otak besar mengontrol semua tindakan sukarela di dalam tubuh.

Struktur Cerebrum

Korteks terdiri dari kumparan dan lilitan. Jika Anda menyebarkannya, sebenarnya akan memakan waktu sekitar 2.5 kaki persegi. Diperkirakan bahwa bagian otak ini terdiri dari 10 miliar neuron, yang bertanggung jawab atas aktivitas otak yang setara dengan 50 triliun sinapsis.

Tonjolan otak disebut "gyri", dan lembah yang disebut sulci. Beberapa sulkus cukup menonjol dan panjang dan berfungsi sebagai batas yang nyaman antara empat lobus otak besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel