Pengertian dan Fungsi Otak Kecil



Dalam bahasa Latin, kata cerebellum berarti otak kecil. Otak kecil adalah area otak belakang yang mengontrol koordinasi gerakan, keseimbangan, keseimbangan, dan tonus otot . Seperti korteks serebral , serebelum terdiri dari materi putih dan lapisan luar tipis materi abu-abu yang terlipat rapat. Lapisan luar yang terlipat dari otak kecil (korteks serebelum) memiliki lipatan yang lebih kecil dan lebih kompak daripada lipatan korteks serebral. Otak kecil berisi ratusan juta neuron untuk memproses data. Ini menyampaikan informasi antara otot tubuh dan area korteks serebral yang terlibat dalam kontrol motorik.

Cerebellum Lobes

Otak kecil dapat dibagi lagi menjadi tiga lobus yang mengoordinasikan informasi yang diterima dari sumsum tulang belakang dan dari berbagai area otak. Lobus anterior menerima masukan terutama dari sumsum tulang belakang. Lobus posterior menerima masukan terutama dari batang otak dan korteks serebral. Lobus flokulonoduler menerima masukan dari inti kranial saraf vestibular. Saraf vestibular adalah komponen dari saraf kranial vestibulocochlear. Transmisi sinyal input dan output saraf dari otak kecil terjadi melalui kumpulan serabut saraf yang disebut tangkai otak. Bundel saraf ini berjalan melalui otak tengah yang menghubungkan otak depan dan otak belakang.

Fungsi Otak Kecil (Cerebellum)

Otak kecil memiliki beberapa fungsi seperti:

  • Koordinasi gerakan halus
  • Keseimbangan dan keseimbangan
  • Pergerakan Otot
  • Merasakan posisi tubuh

Otak kecil memproses informasi dari otak dan sistem saraf tepi untuk keseimbangan dan kontrol tubuh. Kegiatan seperti berjalan, memukul bola dan bermain video game semuanya melibatkan otak kecil. Otak kecil membantu kita memiliki kontrol motorik halus sambil menghambat gerakan tak terkendali. Ini mengkoordinasikan dan menafsirkan informasi sensorik untuk menghasilkan gerakan motorik halus. Ini juga menghitung dan mengoreksi ketidaksesuaian informasi untuk menghasilkan gerakan yang diinginkan.

Lokasi Otak Kecil

Secara terarah, serebelum terletak di dasar tengkorak, di atas batang otak dan di bawah lobus oksipital korteks serebral.

Kerusakan Otak Kecil

Kerusakan otak kecil dapat menyebabkan kesulitan dengan kontrol motorik. Individu mungkin mengalami masalah dalam menjaga keseimbangan, tremor, kurangnya tonus otot, kesulitan berbicara, kurangnya kontrol atas gerakan mata, kesulitan dalam berdiri tegak, dan ketidakmampuan untuk melakukan gerakan yang akurat. Otak kecil bisa rusak karena sejumlah faktor. Racun termasuk alkohol, obat-obatan, atau logam berat dapat menyebabkan kerusakan saraf di otak kecil yang menyebabkan kondisi yang disebut ataksia. Ataksia melibatkan hilangnya kontrol otot atau koordinasi gerakan. Kerusakan otak kecil juga dapat terjadi akibat stroke, cedera kepala, kanker, kelumpuhan otak besar, infeksi virus, atau penyakit degeneratif sistem saraf.

Bagian Otak: Otak Belakang

Otak kecil termasuk dalam bagian otak yang disebut otak belakang. Otak belakang dibagi menjadi dua subregional yang disebut metencephalon dan myelencephalon. Otak kecil dan pons terletak di wilayah atas otak belakang yang dikenal sebagai metencephalon. Secara sagital, pons berada di anterior serebelum dan menyampaikan informasi sensorik antara serebrum(otak besar) dan serebelum (otak kecil).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel