Pengertian Pertukaran Cairan Kapiler

Kapiler adalah pembuluh darah yang sangat kecil  yang  terletak di dalam jaringan tubuh yang mengangkut  darah  dari  arteri  ke  vena . Kapiler paling banyak terdapat di jaringan dan organ yang aktif secara metabolik. Misalnya,  jaringan otot  dan  ginjal  memiliki jumlah jaringan kapiler yang lebih banyak daripada  jaringan ikat .

1. Ukuran Kapiler dan Mikrosirkulasi

Kapiler sangat kecil sehingga sel darah merah hanya dapat berjalan melewatinya dalam satu file. Ukuran kapiler berukuran dari sekitar 5 hingga 10 mikron. Dinding kapiler tipis dan terdiri dari endotel (sejenis jaringan epitel skuamosa sederhana ). Oksigen, karbon dioksida, nutrisi, dan limbah dipertukarkan melalui dinding tipis kapiler.

Mikrosirkulasi Kapiler

Kapiler memainkan peran penting dalam mikrosirkulasi. Mikrosirkulasi berkaitan dengan sirkulasi darah dari jantung ke arteri, ke arteriol yang lebih kecil, ke kapiler, ke venula, ke vena, dan kembali ke jantung.

Aliran darah di kapiler dikendalikan oleh struktur yang disebut sfingter prekapiler. Struktur ini terletak di antara arteriol dan kapiler dan mengandung serat otot yang memungkinkannya berkontraksi. Ketika sfingter terbuka, darah mengalir dengan bebas ke lapisan kapiler jaringan tubuh. Ketika sfingter ditutup, darah tidak dibiarkan mengalir melalui pembuluh kapiler. Pertukaran cairan antara kapiler dan jaringan tubuh terjadi di kapiler.

2. Pertukaran Cairan Kapiler ke Jaringan


Kapiler adalah tempat pertukaran cairan, gas, nutrisi, dan limbah antara darah dan jaringan tubuh melalui difusi . Dinding kapiler mengandung pori-pori kecil yang memungkinkan zat tertentu masuk dan keluar dari pembuluh darah. Pertukaran cairan dikontrol oleh tekanan darah di dalam pembuluh kapiler (tekanan hidrostatik) dan tekanan osmotik darah di dalam pembuluh. Tekanan osmotik dihasilkan oleh konsentrasi garam dan protein plasma yang tinggi di dalam darah. Dinding kapiler memungkinkan air dan zat terlarut kecil melewati pori-porinya tetapi tidak memungkinkan protein untuk melewatinya.

Saat darah memasuki kapiler di ujung arteriol, tekanan darah di pembuluh kapiler lebih besar daripada tekanan osmotik darah di dalam pembuluh. Hasil akhirnya adalah cairan berpindah dari pembuluh ke jaringan tubuh.

Di tengah lapisan kapiler, tekanan darah di pembuluh sama dengan tekanan osmotik darah di pembuluh. Hasil akhirnya adalah cairan mengalir secara merata antara pembuluh kapiler dan jaringan tubuh. Gas, nutrisi, dan limbah juga dipertukarkan pada saat ini.

Di ujung venula dari kapiler, tekanan darah di pembuluh lebih rendah dari tekanan osmotik darah di pembuluh. Hasil akhirnya adalah cairan, karbon dioksida, dan limbah ditarik dari jaringan tubuh ke dalam pembuluh kapiler.

Pembuluh darah

  • Arteri — mengangkut darah menjauh dari jantung .
  • Vena — mengangkut darah ke jantung.
  • Kapiler — mengangkut darah dari arteri ke vena.
  • Sinusoid — pembuluh darah yang ditemukan di organ tertentu termasuk hati, limpa , dan sumsum tulang.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel