Pengertian Sel

Sel adalah unit materi paling sederhana yang hidup. Dari uniseluler bakteri untuk hewan multiseluler, sel merupakan salah satu prinsip dasar organisasi dari biologi. Mari kita lihat beberapa komponen dari pengatur dasar organisme hidup ini.

Sel Eukariotik dan Sel Prokariotik

Ada dua jenis sel utama: sel eukariotik dan sel prokariotik. Disebut sel eukariotik karena memiliki inti yang sebenarnya. Nukleus, yang menampung DNA, terkandung di dalam membran dan dipisahkan dari struktur seluler lainnya. Namun, sel prokariotik tidak memiliki nukleus sejati. DNA dalam sel prokariotik tidak dipisahkan dari sisa sel tetapi melingkar di daerah yang disebut nukleoid.

Klasifikasi

Seperti yang diatur dalam Sistem Tiga Domain, prokariota termasuk archaeans dan bakteri. Eukariota termasuk hewan, tumbuhan, jamur dan protista (mis. Alga). Biasanya, sel eukariotik lebih kompleks dan jauh lebih besar daripada sel prokariotik. Rata-rata, diameter sel prokariotik sekitar 10 kali lebih kecil daripada sel eukariotik.

Reproduksi Sel

Eukariota tumbuh dan berkembang biak melalui proses yang disebut mitosis. Dalam organisme yang juga bereproduksi secara seksual, sel reproduksi diproduksi oleh jenis pembelahan sel yang disebut meiosis. Kebanyakan prokariota bereproduksi secara aseksual dan beberapa melalui proses yang disebut pembelahan biner. Selama pembelahan biner, molekul DNA tunggal bereplikasi dan sel asli dibagi menjadi dua sel anak yang identik. Beberapa organisme eukariotik juga bereproduksi secara aseksual melalui proses seperti tunas, regenerasi, dan partenogenesis.

Respirasi Seluler

Organisme eukariotik dan prokariotik mendapatkan energi yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan mempertahankan fungsi sel normal melalui respirasi sel. Respirasi seluler memiliki tiga tahap utama: glikolisis, siklus asam sitrat, dan transpor elektron. Pada eukariota, sebagian besar reaksi respirasi seluler terjadi di dalam mitokondria. Pada prokariota, mereka terjadi di sitoplasma dan  atau di dalam membran sel.

Membandingkan Sel Eukariotik dan Prokariotik

Ada juga banyak perbedaan antara struktur sel eukariotik dan prokariotik. Tabel berikut membandingkan organel dan struktur sel yang ditemukan di sel prokariotik khas dengan yang ditemukan di sel eukariotik hewan.

Struktur selSel ProkariotikSel Eukariotik Hewan Khas
Membran selIyaIya
Dinding selIyaTidak
SentriolTidakIya
KromosomSatu untai DNA panjangBanyak
Silia atau FlagelaYa, sederhanaYa, rumit
Retikulum endoplasmaTidakYa (beberapa pengecualian)
Kompleks GolgiTidakIya
LisosomTidakUmum
MitokondriaTidakIya
IntiTidakIya
PeroksisomTidakUmum
RibosomIyaIya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel