Peran Sitoplasma dalam Sel

Sitoplasma terdiri dari semua konten di luar nukleus dan tertutup di dalam membran sel . Warnanya jernih dan memiliki penampilan seperti gel. Sitoplasma tersusun terutama dari air tetapi juga mengandung enzim, garam, organel, dan berbagai molekul organik.

1. Fungsi Sitoplasma
  • Sitoplasma berfungsi untuk mendukung dan menangguhkan organel dan molekul seluler.
  • Banyak proses seluler juga terjadi di sitoplasma, seperti sintesis protein , tahap pertama respirasi seluler (dikenal sebagai glikolisis ), mitosis , dan meiosis .
  • Sitoplasma membantu untuk memindahkan bahan, seperti hormon, di sekitar sel dan juga melarutkan limbah seluler.


2. Divisi
Sitoplasma dapat dibagi menjadi dua bagian utama: endoplasma ( endo -, - plasma ) dan ektoplasma ( ecto -, - plasma). Endoplasma adalah area pusat sitoplasma yang berisi organel. The ektoplasma adalah lebih seperti gel bagian tepi sitoplasma sel.

3. Komponen
Sel prokariotik, seperti bakteri dan arkeans, tidak memiliki inti yang terikat membran. Dalam sel-sel ini, sitoplasma terdiri dari semua isi sel di dalam membran plasma. Dalam sel eukariotik, seperti sel tumbuhan dan hewan, sitoplasma terdiri dari tiga komponen utama. Mereka adalah sitosol, organel, dan berbagai partikel dan butiran yang disebut inklusi sitoplasma.
  • Sitosol: Sitosol adalah komponen semi-fluida atau media cair sitoplasma sel. Itu terletak di luar nukleus dan di dalam membran sel.
  • Organel: Organel adalah struktur sel kecil yang melakukan fungsi spesifik dalam sel. Contoh organel meliputi mitokondria , ribosom , nukleus, lisosom , kloroplas , retikulum endoplasma , dan peralatan Golgi . Juga terletak di dalam sitoplasma adalah sitoskeleton , jaringan serat yang membantu sel mempertahankan bentuknya dan memberikan dukungan bagi organel.
  • Inklusi sitoplasma: Inklusi sitoplasma adalah partikel yang sementara tergantung di sitoplasma. Inklusi terdiri dari makromolekul dan butiran. Tiga jenis inklusi yang ditemukan dalam sitoplasma adalah inklusi sekretori, inklusi nutrisi, dan butiran pigmen. Contoh inklusi sekretori adalah protein , enzim, dan asam. Glikogen (molekul penyimpanan glukosa) dan lipid adalah contoh inklusi nutrisi. Melanin yang ditemukan dalam sel-sel kulit adalah contoh dari pemasukan granula pigmen.
4. Streaming sitoplasma
Streaming sitoplasma, atau cyclosis , adalah suatu proses di mana zat-zat diedarkan di dalam sel. Streaming sitoplasma terjadi pada sejumlah jenis sel termasuk sel tanaman , amuba , protozoa, dan jamur . Gerakan sitoplasma dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk keberadaan bahan kimia tertentu, hormon, atau perubahan cahaya atau suhu.

Tumbuhan menggunakan cyclosis untuk memindahkan kloroplas ke daerah-daerah yang menerima sinar matahari paling banyak. Kloroplas adalah organel tumbuhan yang bertanggung jawab untuk fotosintesis dan membutuhkan cahaya untuk prosesnya. Pada protista , seperti amuba dan cetakan lendir , aliran sitoplasma digunakan untuk penggerak. Perluasan sementara dari sitoplasma yang dikenal sebagai pseudopodia dihasilkan yang berharga untuk pergerakan dan menangkap makanan. Streaming sitoplasma juga diperlukan untuk pembelahan sel karena sitoplasma harus didistribusikan di antara sel anak yang terbentuk dalam mitosis dan meiosis.

5. Membran sel
Membran sel atau plasma adalah struktur yang membuat sitoplasma dari tumpah keluar dari sel. Membran ini terdiri dari fosfolipid , yang membentuk bilayer lipid yang memisahkan isi sel dari cairan ekstraseluler. Bilayer lipid bersifat semi permeabel, artinya hanya molekul tertentu yang dapat berdifusi melintasi membran untuk masuk atau keluar sel. Cairan ekstraseluler, protein, lipid, dan molekul lain dapat ditambahkan ke sitoplasma sel dengan endositosis. Dalam proses ini, molekul dan cairan ekstraseluler diinternalisasi ketika membran berubah ke dalam membentuk vesikel. Vesikel menutupi cairan dan molekul dan tunas dari membran sel membentuk endosom. Endosome bergerak di dalam sel untuk mengirimkan kontennya ke tujuan yang sesuai. Zat dikeluarkan dari sitoplasma dengan eksositosis . Dalam proses ini, vesikel yang tumbuh dari tubuh Golgi bergabung dengan membran sel yang mengeluarkan isinya dari sel. Membran sel juga menyediakan dukungan struktural untuk sel dengan berfungsi sebagai platform yang stabil untuk pemasangan sitoskeleton dan dinding sel (pada tanaman).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel