10 Sistem Organ Pada Tubuh Manusia

Tubuh manusia terdiri dari beberapa sistem organ yang bekerja sama sebagai satu kesatuan. Dalam piramida kehidupan  yang mengatur semua elemen kehidupan ke dalam kategori, sistem organ bertingkat di antara organisme dan organnya. Sistem organ adalah kelompok organ yang berada di dalam suatu organisme.

Sepuluh sistem organ utama tubuh manusia tercantum di bawah ini bersama dengan organ atau struktur utama yang terkait dengan setiap sistem. Setiap sistem bergantung pada yang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk menjaga agar tubuh berfungsi normal.

1. Sistem sirkulasi

Ilustrasi digital dari sistem kardiovaskular manusia (wanita)


Fungsi utama sistem peredaran darah adalah untuk mengangkut nutrisi dan gas ke sel dan jaringan di seluruh tubuh. Ini dilakukan dengan sirkulasi darah. Dua komponen dari sistem ini adalah sistem kardiovaskular dan limfatik.

Sistem  kardiovaskular  terdiri dari jantung,  darah, dan  pembuluh darah. Detak jantung mendorong siklus jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh.

Sistem  limfatik  adalah jaringan pembuluh darah tubulus dan saluran yang mengumpulkan, menyaring, dan mengembalikan getah bening ke sirkulasi darah. Sebagai komponen sistem imun, sistem limfatik memproduksi dan mengedarkan sel imun yang disebut limfosit. Organ limfatik meliputi  pembuluh getah bening, kelenjar getah bening, timus, limpa, dan amandel.

2. Sistem pencernaan

Ilustrasi digital dari sistem pencernaan manusia

Sistem pencernaan memecah polimer makanan menjadi molekul yang lebih kecil untuk menyediakan energi bagi tubuh. Jus dan enzim pencernaan disekresikan untuk memecah karbohidrat , lemak , dan protein dalam makanan. Organ utama adalah mulut, lambung , usus, dan rektum. Struktur aksesori lainnya termasuk gigi, lidah, hati, dan  pankreas.

3. Sistem endokrin

Ilustrasi 3D sistem hormon / endokrin wanita

Sistem endokrin mengatur proses vital dalam tubuh termasuk pertumbuhan, homeostasis, metabolisme, dan perkembangan seksual. Organ endokrin mengeluarkan hormon untuk mengatur proses tubuh. Struktur endokrin utama meliputi  kelenjar pituitari, kelenjar pineal, timus, ovarium, testis, dan  kelenjar tiroid.

4. Sistem Integumen

Sistem integumen melindungi struktur internal tubuh dari kerusakan, mencegah dehidrasi, menyimpan lemak, serta memproduksi vitamin dan hormon. Struktur yang mendukung sistem integumen antara lain kulit, kuku, rambut, dan kelenjar keringat.

5. Sistem Otot

Ilustrasi digital otot dan tendon manusia.

Sistem otot memungkinkan gerakan melalui kontraksi otot. Manusia memiliki tiga jenis otot: otot jantung, otot polos, dan otot rangka. Otot rangka terdiri dari ribuan serat otot silindris. Serat diikat oleh jaringan ikat yang terdiri dari pembuluh darah dan saraf.

6. Sistem saraf

Ilustrasi 3D dari sistem saraf manusia

Sistem saraf memantau dan mengoordinasikan fungsi organ internal dan merespons perubahan di lingkungan eksternal. Struktur utama sistem saraf termasuk  otak ,  sumsum tulang belakang, dan  saraf.

7. Sistem reproduksi

Ilustrasi penampang organ sistem reproduksi pria dan wanita

Sistem reproduksi memungkinkan produksi keturunan melalui reproduksi seksual  antara jantan dan betina. Sistem ini terdiri dari organ dan struktur reproduksi pria dan wanita yang menghasilkan sel kelamin dan memastikan pertumbuhan dan perkembangan keturunan. Struktur utama pria termasuk testis, skrotum, penis, vas deferens, dan prostat. Struktur utama wanita termasuk ovarium, rahim, vagina, dan kelenjar susu.

8. Sistem pernapasan

Ilustrasi digital dari sistem pernapasan manusia.

Sistem pernapasan menyediakan oksigen bagi tubuh melalui pertukaran gas antara udara dari lingkungan luar dan gas dalam darah. Struktur pernapasan utama termasuk paru-paru, hidung, trakea, dan bronkus.

9. Sistem Kerangka

Ilustrasi 3D kerangka laki-laki manusia.

Sistem kerangka  mendukung dan melindungi tubuh sambil memberinya bentuk dan bentuk. Struktur utama meliputi 206  tulang , sendi, ligamen, tendon, dan tulang rawan. Sistem ini bekerja erat dengan sistem otot untuk memungkinkan terjadinya gerakan.

10. Sistem Ekskresi Kemih

Tampilan tiga dimensi sistem kemih wanita, close-up.

Sistem Ekskresi Kemih menghilangkan limbah dan memelihara keseimbangan air dalam tubuh. Aspek lain dari fungsinya termasuk mengatur elektrolit dalam cairan tubuh dan menjaga pH normal darah. Struktur utama dari sistem ekskresi urin termasuk  ginjal, kandung kemih, uretra, dan ureter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel