Apa Itu Badai Kering?

Badai kering adalah badai yang menghasilkan sedikit atau tidak ada hujan. Meskipun mungkin tampak seperti kontradiksi dalam hal memiliki badai petir tanpa curah hujan, sebenarnya cukup umum terjadi di daerah Amerika Serikat bagian barat di mana indeks panas bisa sangat tinggi, terutama di akhir musim semi dan awal musim panas dengan kelembapan rendah. 

Virga adalah salah satu bentuk presipitasi yang tidak pernah mencapai tanah. Ini biasanya dikaitkan dengan badai petir kering. 

Bagaimana Badai Kering Terjadi

Badai petir bisa disebut "kering" ketika suhu dan panas berkumpul di bawah tutupan awan, yang disebut kanopi udara. Ini akan hujan, tetapi hujan dan bentuk curah hujan lainnya tidak pernah berhasil mencapai tanah. Hujan badai dan kelembaban menguap saat jatuh dan berada di dekat bumi. Dalam meteorologi, peristiwa ini disebut virga

Penyebab # 1 Kebakaran Hutan Alami

Badai kering sering menjadi penyebab di balik kebakaran hutan besar-besaran ketika petir menyulut sumber bahan bakar kering di tanah selama   musim cuaca kebakaran , yang merupakan bulan-bulan musim panas yang terik. Meskipun tidak ada hujan, setidaknya di permukaan tanah, badai ini masih membawa banyak petir. Ketika petir menyambar dalam kondisi gersang ini, itu disebut petir kering dan kebakaran hutan dapat dengan mudah meletus. Tumbuhan dan tumbuhan sering kali kering dan mudah terbakar.

Bahkan ketika hujan ringan berhasil bertahan dan menghantam bumi, kelembapan ini biasanya tidak cukup untuk mempengaruhi kebakaran. Badai ini juga dapat menghasilkan angin kencang dan kuat yang disebut ledakan mikro yang dapat memadamkan api dan menggesernya, membuat mereka sulit untuk berperang.

Potensi Badai Debu

Ledakan Mikro kering adalah fenomena cuaca lain yang terkait dengan badai petir kering. Ketika  curah hujan menguap saat mendekati permukaan tanah , ini mendinginkan udara, terkadang secara radikal dan tiba-tiba. Udara yang lebih dingin ini lebih berat dan cenderung turun dengan cepat ke bumi, menciptakan angin kencang. Dan ingat — hanya sedikit atau tidak ada hujan dan kelembapan yang terkait di sini. Itu sudah menguap, menyebabkan ledakan mikro di tempat pertama. Angin ini dapat menimbulkan debu dan puing-puing lainnya di daerah kering, mengakibatkan badai pasir dan debu. Badai ini disebut haboobs  di negara-negara barat yang rawan mereka. 

Tetap Aman dalam Badai Kering 

Badai petir kering biasanya dapat diprediksi jauh sebelum badai terjadi sehingga petugas dapat memperingatkan penduduk di daerah yang rentan. Ahli meteorologi insiden, yang disebut IMET, bersiaga penuh. Ahli meteorologi yang terlatih khusus ini mencari bahan bakar yang akan membantu penyebaran api. IMET memiliki pelatihan dalam peramalan skala mikro, perilaku kebakaran, dan operasi kebakaran. Mereka juga bertindak sebagai manajer yang dapat membantu mengoordinasikan upaya pengendalian. Keputusan dibuat tentang cara terbaik mengontrol dan menahan kebakaran hutan berdasarkan prediksi arah dan kecepatan angin.

Meskipun Anda tidak menerima peringatan bahwa cuaca di daerah Anda paling baik untuk hujan badai yang kering, Anda akan tahu karena Anda akan mendengar suara guntur. Jika hujan tidak turun sebelum guntur, secara bersamaan, atau tidak lama setelahnya, badai kering — dan potensi kebakaran — mungkin akan segera terjadi. Jika ada guntur,  akan  ada kilat, meskipun tingkat keparahan petir bisa berbeda-beda tergantung pada sistem badai. Seperti badai lainnya, carilah perlindungan jika Anda berada di luar ruangan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel