Apa Itu Badai Petir?

Badai petir adalah peristiwa cuaca buruk berskala kecil yang terkait dengan seringnya petir, angin kencang, dan hujan lebat. Mereka dapat dan memang terjadi setiap saat sepanjang tahun, tetapi kemungkinan besar terjadi selama sore dan malam hari dan selama musim semi dan musim panas.

Disebut badai petir karena suara keras yang mereka buat. Karena suara guntur berasal dari petir, semua badai petir memiliki petir. Jika Anda pernah melihat badai petir di kejauhan tetapi tidak mendengarnya, Anda dapat yakin bahwa ada petir - Anda terlalu jauh untuk mendengar suaranya. 

Macam-macam Badai

  • Badai sel tunggal, yang kecil, lemah, dan singkat (30 hingga 60 menit) yang cenderung muncul di lingkungan Anda pada sore musim panas;
  • Multi-sel, yang merupakan badai petir "biasa" yang berjalan bermil-mil, berlangsung selama berjam-jam, dan dapat menghasilkan hujan es, angin kencang, tornado singkat, dan / atau banjir;
  • Supercell, yang merupakan badai petir berumur panjang yang berasal dari aliran udara yang berputar (arus udara yang naik) dan mampu menghasilkan tornado besar dan ganas.
  • Mesoscale Convective Systems (MCSs) , yaitu kumpulan badai petir yang menjadi satu. Mereka dapat menyebar ke seluruh negara bagian dan bertahan lebih dari 12 jam.

Awan Cumulonimbus = Konveksi

Selain melihat radar cuaca, cara lain untuk mendeteksi badai yang sedang tumbuh adalah dengan mencari awan cumulonimbus. Badai petir terjadi ketika udara di dekat tanah dipanaskan dan diangkut ke atas ke atmosfer - suatu proses yang dikenal sebagai "konveksi". Karena awan cumulonimbus adalah awan yang membentang secara vertikal ke atmosfer, sering kali hal itu merupakan tanda pasti bahwa konveksi yang kuat sedang terjadi. Dan di mana ada konveksi, badai pasti akan mengikuti.  

Satu hal yang perlu diingat adalah semakin tinggi puncak awan cumulonimbus, semakin parah badai tersebut.

Apa yang Membuat Badai Petir "Parah"?

Bertentangan dengan apa yang mungkin Anda pikirkan, tidak semua badai petir itu parah. Layanan Cuaca Nasional tidak menyebut badai petir sebagai "parah" kecuali jika itu mampu menghasilkan satu atau lebih kondisi berikut:

  • Hail berdiameter 1 inci atau lebih besar
  • Kecepatan angin 58 mph atau lebih
  • Awan corong atau tornado (kurang dari 1% badai petir menghasilkan tornado).

Badai guntur yang parah sering kali muncul mendahului front dingin, area di mana udara hangat dan sejuk sangat berlawanan. Kenaikan yang kuat terjadi pada titik oposisi ini dan menghasilkan ketidakstabilan yang lebih kuat (dan karena itu cuaca yang lebih intens) daripada lift harian yang memicu badai petir lokal.

Seberapa Jauh Badai Itu?

Guntur (suara yang dihasilkan oleh kilatan petir ) bergerak kira-kira satu mil per 5 detik. Rasio ini dapat digunakan untuk memperkirakan berapa mil jarak badai petir. Cukup hitung jumlah detik ("Satu-Mississippi, Dua-Mississippi ...) antara melihat kilatan petir dan mendengar petir dan bagi dengan 5!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel