Apa Itu Titrasi?

Titrasi adalah proses di mana satu larutan ditambahkan ke larutan lain sedemikian rupa sehingga bereaksi dalam kondisi di mana volume yang ditambahkan dapat diukur secara akurat. Ini digunakan dalam kimia analitik kuantitatif untuk menentukan konsentrasi yang tidak diketahui dari analit yang diidentifikasi. Titrasi paling sering dikaitkan dengan reaksi asam-basa, tetapi mungkin juga melibatkan jenis reaksi lain.

Titrasi juga dikenal sebagai titrimetri atau analisis volumetrik. Bahan kimia dengan konsentrasi yang tidak diketahui disebut analit atau titrand. Larutan standar reagen dengan konsentrasi yang diketahui disebut titran atau titrator. Volume titran yang direaksikan (biasanya menghasilkan perubahan warna) disebut volume titrasi.

Bagaimana Titrasi Dilakukan

Titrasi tipikal disiapkan dengan labu atau gelas kimia Erlenmeyer yang berisi volume analit yang diketahui dengan tepat (konsentrasi tidak diketahui) dan indikator perubahan warna. Pipet atau buret yang berisi titran dengan konsentrasi yang diketahui ditempatkan di atas labu atau gelas kimia analit. Volume awal pipet atau buret dicatat. Titran diteteskan ke dalam larutan analit dan indikator sampai reaksi antara titran dan analit selesai sehingga terjadi perubahan warna (titik akhir). Volume akhir buret dicatat, sehingga total volume yang digunakan dapat ditentukan.

Konsentrasi analit kemudian dapat dihitung menggunakan rumus:

  • Ca = CtVtM / Va

Dimana:

  • Ca adalah konsentrasi analit, biasanya dalam molaritas
  • Cadalah konsentrasi titran, dalam satuan yang sama
  • Vt adalah volume titran, biasanya dalam liter
  • M adalah perbandingan mol antara analit dan reaktan dari persamaan kimia seimbang
  • Va adalah volume analit, biasanya dalam liter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel