Daftar Logam Dasar


Logam dasar
adalah logam nonferrous (tidak mengandung besi) yang bukan merupakan logam mulia maupun logam mulia. Logam dasar yang paling umum adalah tembaga, timbal, nikel , timah, aluminium, dan seng. Logam dasar lebih umum dan lebih mudah diekstraksi daripada logam mulia, seperti emas, perak, platina, dan paladium. Logam mulia, beberapa di antaranya juga berharga, tidak seperti logam dasar karena mereka menahan oksidasi. Beberapa contoh umum logam mulia termasuk perak, emas, osmium, iridium, dan rhodium.

Karakteristik 

Logam dasar murni relatif mudah teroksidasi. Kecuali tembaga, semuanya bereaksi dengan asam klorida membentuk gas hidrogen. Logam dasar juga lebih murah daripada logam mulia mitranya karena jauh lebih umum.

Aplikasi 

Logam dasar digunakan dalam berbagai macam aplikasi. Tembaga biasanya digunakan dalam kabel listrik karena keuletan dan konduktivitasnya yang tinggi. Daktilitasnya yang tinggi membuatnya mudah diregangkan tanpa kehilangan kekuatan. Tembaga juga baik untuk pemasangan kabel karena merupakan satu-satunya logam dasar yang tahan terhadap oksidasi dan tidak mudah terkorosi.

Timbal telah terbukti menjadi sumber yang andal untuk baterai, dan nikel sering digunakan untuk memperkuat dan mengeraskan paduan logam, termasuk baja tahan karat. Logam dasar juga sering digunakan untuk melapisi logam lain. Misalnya seng digunakan untuk melapisi baja galvanis.

Perdagangan 

Meskipun logam dasar tidak dianggap sama berharganya dengan logam mulia lainnya, logam dasar tetap memiliki nilai karena kegunaan praktisnya. Menurut Investopedia, para ekonom sering menggunakan tembaga sebagai indikator prakiraan ekonomi global karena penggunaannya yang luas dalam konstruksi. Jika ada permintaan tembaga yang lebih rendah, itu berarti konstruksi turun, yang bisa menjadi pertanda penurunan ekonomi. Jika permintaan tembaga naik, yang terjadi justru sebaliknya.

Aluminium adalah unsur paling melimpah ketiga di kerak bumi (hanya tertinggal oksigen dan silikon) dan volume perdagangan tertinggi di London Metal Exchange (LME). Amat sangat mudah dibentuk yaitu dapat dipress menjadi lembaran, aluminium memiliki banyak kegunaan, terutama dalam pembuatan wadah makanan atau produk lainnya.

Logam yang diperdagangkan di LME adalah kontrak untuk pengiriman 90 hari ke depan.

Logam dasar ketiga yang paling aktif diperdagangkan di LME adalah seng, hanya setelah tembaga dan aluminium. Selain digunakan untuk melapisi baja galvanis, seng merupakan bahan umum dalam koin, sering digunakan dalam pengecoran cetakan, dan memiliki banyak aplikasi dalam konstruksi, termasuk pipa dan atap.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel