Definisi Titran dalam Kimia


Dalam kimia analitik, titran adalah larutan dengan konsentrasi yang diketahui yang ditambahkan (dititrasi) ke larutan lain untuk menentukan konsentrasi spesies kimia kedua. Titran juga dapat disebut titrator, reagen, atau larutan standar.

Sebaliknya, analit, atau titrand, adalah spesies yang diminati selama titrasi. Jika konsentrasi dan volume titran yang diketahui direaksikan dengan analit, konsentrasi analit dapat ditentukan.

Bagaimana itu bekerja

Rasio mol antara reaktan dan produk dalam persamaan kimia adalah kunci dalam menggunakan titrasi untuk menentukan konsentrasi larutan yang tidak diketahui. Biasanya, labu atau gelas kimia yang berisi analit dengan volume yang diketahui dengan tepat , bersama dengan indikator, ditempatkan di bawah buret atau pipet yang telah dikalibrasi. Buret atau pipet berisi titran, yang ditambahkan setetes demi setetes sampai indikator menunjukkan perubahan warna, yang menunjukkan titik akhir titrasi. Indikator perubahan warna memang rumit, karena warna mungkin berubah sementara sebelum berubah secara permanen. Hal ini menyebabkan beberapa tingkat kesalahan dalam penghitungan. Saat titik akhir tercapai, volume reaktan ditentukan menggunakan persamaan:

Ca = CtVtM/Va

Dimana Ca  adalah konsentrasi analit (biasanya diberikan sebagai molaritas), Ct adalah konsentrasi titran (dalam satuan yang sama), Vt adalah volume titran yang diperlukan untuk mencapai titik akhir (biasanya dalam liter), M adalah rasio mol antara analit dan reaktan dari persamaan seimbang, dan Va adalah volume analit (biasanya dalam liter).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel