Fakta Tentang Jaringan Otot

Ini adalah mikrograf elektron pemindaian berwarna (SEM) dari serat otot rangka, atau lurik. Ini terdiri dari seikat serat yang lebih kecil yang disebut miofibril, yang disilangkan oleh tubulus transversal (hijau) yang menandai pembagian miofibril menjadi unit kontraktil (sarkomer). 


Jaringan otot terbuat dari sel-sel yang "bersemangat" yang mampu berkontraksi. Dari semua jenis jaringan yang berbeda (otot, epitel , ikat , dan saraf ), jaringan otot adalah jaringan yang paling melimpah pada kebanyakan hewan , termasuk pada manusia.

Jenis Jaringan Otot

Jaringan otot mengandung banyak mikrofilamen yang terdiri dari protein kontraktil aktin dan miosin . Ini protein bertanggung jawab untuk gerakan pada otot. Tiga jenis utama jaringan otot adalah:

  • Otot Jantung: Otot jantung dinamai demikian karena ditemukan di dalam jantung. Sel bergabung satu sama lain oleh cakram selingan, yang memungkinkan sinkronisasi detak jantung. Otot jantung bercabang, otot lurik. The dinding jantung terdiri dari tiga lapisan: epikardium, miokardium, dan endokardium. Miokardium adalah lapisan otot tengah jantung. Serat otot miokard membawa impuls listrik melalui jantung yang menggerakkan konduksi jantung . 
  • Otot Rangka: Otot rangka, yang melekat pada tulang oleh tendon, dikendalikan oleh sistem saraf tepi dan terkait dengan gerakan sukarela tubuh. Otot rangka adalah otot lurik. Tidak seperti otot jantung, selnya tidak bercabang. Sel otot rangka ditutupi oleh jaringan ikat , yang melindungi dan mendukung ikatan serat otot. Pembuluh darah dan sarafberjalan melalui jaringan ikat, memasok sel otot dengan oksigen dan impuls saraf yang memungkinkan kontraksi otot. Otot rangka diatur menjadi beberapa kelompok otot yang bekerja secara terkoordinasi untuk melakukan gerakan tubuh. Beberapa pengelompokan tersebut antara lain otot kepala dan leher (ekspresi wajah, mengunyah, dan gerakan leher), otot batang (menggerakkan dada, punggung, perut, dan tulang belakang ), otot ekstremitas atas (menggerakkan bahu, lengan, tangan, dan jari. ), dan otot ekstremitas bawah (menggerakkan kaki, pergelangan kaki, kaki, dan jari kaki).
  • Otot Visceral (Smooth): Otot visceral ditemukan di berbagai bagian tubuh termasuk pembuluh darah, kandung kemih, dan saluran pencernaan serta di banyak organ berlubang lainnya. Seperti otot jantung, sebagian besar otot visceral diatur oleh sistem saraf otonom dan berada di bawah kendali tak sadar. Otot visceral disebut juga otot polos karena tidak memiliki lurik silang. Otot visceral berkontraksi lebih lambat daripada otot rangka, tetapi kontraksi dapat dipertahankan dalam jangka waktu yang lebih lama. Organ sistem kardiovaskular, pernapasan, pencernaan, dan reproduksidilapisi dengan otot polos. Otot ini bisa digambarkan sebagai ritmik atau tonik. Otot polos berirama, atau phasic, berkontraksi secara berkala dan menghabiskan sebagian besar waktu dalam keadaan rileks. Otot polos tonik tetap berkontraksi untuk sebagian besar waktu dan hanya relaks secara berkala.

Fakta Lain Tentang Jaringan Otot

Orang dewasa memiliki sejumlah sel otot. Melalui olahraga, seperti angkat beban, sel - sel membesar tetapi jumlah sel secara keseluruhan tidak bertambah. Otot rangka adalah otot sukarela karena kita memiliki kendali atas kontraksi mereka. Otak kita mengontrol pergerakan otot rangka. Namun, reaksi refleks otot rangka merupakan pengecualian. Ini adalah reaksi tidak disengaja terhadap rangsangan eksternal. Otot visceral tidak disengaja karena, sebagian besar, tidak dikendalikan secara sadar. Otot polos dan jantung berada di bawah kendali sistem saraf tepi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel