Kapan Badai Petir Dan Tornado Terjadi

Terkait cuaca buruk, badai petir, tornado, dan angin topan dianggap sebagai badai alam yang paling ganas. Semua jenis sistem cuaca ini dapat terjadi di keempat penjuru dunia, dan membedakannya dapat membingungkan karena semuanya mengandung angin kencang dan terkadang terjadi bersamaan.

Namun, mereka masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Misalnya, badai biasanya hanya terjadi di tujuh cekungan yang ditentukan di  seluruh dunia.

Anda mungkin bertanya-tanya, mana dari kejadian cuaca buruk berikut yang paling buruk? Membuat perbandingan secara berdampingan dapat memberi Anda pemahaman yang lebih baik, tetapi pertama-tama, lihat cara mendefinisikan masing-masing.

Badai petir

Sebuah badai diproduksi oleh awan cumulonimbus, atau thunderhead, yang mencakup hujan, petir, dan guntur.

Mereka mulai saat matahari memanaskan permukaan bumi dan menghangatkan lapisan udara di atasnya. Udara hangat ini naik dan mentransfer panas ke tingkat atas atmosfer. Saat udara bergerak ke atas, ia mendingin dan uap air yang terkandung di dalamnya mengembun membentuk tetesan awan cair. Saat udara terus bergerak ke atas dengan cara ini, awan tumbuh ke atas di atmosfer, akhirnya mencapai ketinggian di mana suhunya di bawah titik beku. Beberapa tetesan awan membeku menjadi partikel es, sementara yang lain tetap "sangat dingin". Saat ini bertabrakan, mereka mengambil muatan listrik dari satu sama lain; ketika cukup banyak tabrakan terjadi, penumpukan besar muatan terlepas, menciptakan kilat.

Badai petir paling berbahaya ketika hujan menurunkan jarak pandang, hujan es turun, sambaran petir atau tornado berkembang.

Tornado

Tornado adalah kolom udara yang berputar dengan keras yang membentang dari dasar badai ke tanah.

Ketika angin di dekat permukaan bumi bertiup dengan satu kecepatan dan angin di atasnya yang bertiup dengan kecepatan yang jauh lebih cepat, udara di antara mereka berputar-putar menjadi kolom berputar horizontal. Jika kolom ini terjebak dalam badai petir di atas, anginnya kencang, dipercepat, dan miring secara vertikal, menciptakan awan corong.

Tornado berbahaya — bahkan mematikan — karena angin kencang dan puing-puing yang beterbangan.

Badai

Badai adalah sistem bertekanan rendah yang berputar-putar   yang berkembang di daerah tropis dengan angin berkelanjutan yang mencapai setidaknya 74 mil per jam.

Udara hangat dan lembab di dekat permukaan laut naik ke atas, mendingin, dan mengembun, membentuk awan. Dengan lebih sedikit udara dari sebelumnya di permukaan, tekanan turun di sana. Karena udara cenderung berpindah dari tekanan tinggi ke rendah, udara lembab dari daerah sekitarnya mengalir ke dalam menuju tempat bertekanan rendah, menciptakan angin. Udara ini dihangatkan oleh panas laut dan panas yang dilepaskan dari kondensasi , sehingga naik. Ini memulai proses naiknya udara hangat dan membentuk awan dan udara di sekitarnya berputar-putar untuk menggantikannya. Tak lama kemudian, Anda memiliki sistem awan dan angin yang mulai berputar sebagai akibat dari efek Coriolis, sejenis gaya yang menyebabkan sistem cuaca rotasi atau siklon.

Badai adalah yang paling berbahaya ketika terjadi gelombang badai besar, yaitu gelombang air laut yang membanjiri masyarakat. Beberapa gelombang dapat mencapai kedalaman 20 kaki dan menghanyutkan rumah, mobil, dan bahkan orang.

Tabel Perbandingan Badai Petir, Tornado dan Badai


Badai petirTornadoBadai
SkalaLokalLokalBesar ( sinoptik )
Elemen

Kelembaban

Udara tidak stabil

Mengangkat

Udara tidak stabil

Kuat geser angin

Rotasi

Temperatur laut 80 derajat atau lebih hangat dari permukaan sampai 150 kaki

Kelembaban di atmosfer bawah dan tengah

Geser angin rendah

Gangguan yang sudah ada sebelumnya

Jarak 300 mil atau lebih dari ekuator

MusimKapan saja, kebanyakan musim semi atau musim panasSetiap saat, kebanyakan musim semi atau musim gugur1 Juni hingga 30 November, sebagian besar pertengahan Agustus hingga pertengahan Oktober
Waktu HariKapan saja, kebanyakan sore atau malam hariKapan saja, kebanyakan dari jam 3 sore sampai 9 malamKapanpun
LokasiSeluruh duniaSeluruh duniaDi seluruh dunia, tetapi di dalam tujuh cekungan
DurasiBeberapa menit hingga lebih dari satu jam (rata-rata 30 menit)Beberapa detik hingga lebih dari satu jam (rata-rata 10 menit atau kurang)Beberapa jam hingga tiga minggu (rata-rata 12 hari)
Kecepatan BadaiBerkisar dari hampir tidak bergerak hingga 50 mil per jam atau lebihBerkisar dari hampir tidak bergerak hingga 70 mil per jam
(rata-rata 30 mil per jam)
Berkisar dari hampir tidak bergerak hingga 30 mil per jam
(rata-rata kurang dari 20 mil per jam)
Ukuran BadaiDiameter rata-rata 15 milMulai dari lebar 10 yard hingga 4,2 mil (rata-rata 50 yard)Diameternya berkisar dari 100 hingga 900 mil
diameter rata-rata 300 mil)
Kekuatan Badai

Parah atau tidak parah. Badai yang hebat memiliki satu atau beberapa kondisi berikut:

- Angin dengan kecepatan 58+ mil per jam

Hujan es berdiameter satu inci atau lebih

- Tornado

Skala Fujita yang Ditingkatkan (skala EF) menilai kekuatan tornado berdasarkan kerusakan yang telah terjadi. Skala berkisar dari EF 0 hingga EF 5.

Skala Saffir-Simpson mengklasifikasikan kekuatan siklon berdasarkan intensitas kecepatan angin yang berkelanjutan. Skala dimulai dengan Depresi Tropis dan Topan Tropika, kemudian berkisar dari Kategori 1 hingga Kategori 5.

BahayaPetir, hujan es, angin kencang, banjir bandang, tornadoAngin kencang, puing-puing terbang, hujan es besarAngin kencang, gelombang badai, banjir pedalaman, tornado
Lingkaran kehidupan

Tahap pengembangan

Tahap dewasa

Tahap menghilang

Tahap Pengembangan / Pengorganisasian

Tahap dewasa


Tahap Decaying / Shrinking / "Rope"

Gangguan tropis

Depresi tropis

Badai tropis

Badai

Topan ekstra tropis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel