Mengapa Penting untuk Mendaur Ulang Logam?


Sebagian orang mengabaikan kebutuhan untuk  mendaur ulang  limbah padat, terutama logam. Beberapa membuangnya sementara yang lain membiarkan logamnya membusuk.

Namun, jika Anda memahami banyak  manfaat mendaur ulang  barang-barang ini, Anda tidak akan lagi membuangnya atau membiarkannya termakan karat dan unsur cuaca lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari mendaur ulang logam:

1. Pelestarian Sumber Daya Alam

Inilah salah satu alasan utama mengapa orang harus mendaur ulang logam. Logam digali dari bumi melalui proses yang disebut penambangan. Seiring waktu, area yang digali cenderung menipis, dan para penambang pindah ke area lain untuk mencari logam untuk ditambang. Artinya, jika tren ini tidak berhenti atau tidak dikendalikan, sebagian besar area akan memiliki lubang galian yang sangat besar.

Dengan memberikan alternatif pengganti bijih murni, daur ulang logam membantu mengurangi efek merusak dari penambangan. Operasi penambangan tidak hanya menghancurkan habitat alami yang rapuh, tetapi juga mencemari udara, air, dan tanah di sekitarnya.

Limpasan beracun dapat terjadi saat tambang sedang beroperasi dan bahkan memengaruhi danau, sungai, dan lingkungan laut selama beberapa dekade berikutnya, lama setelah ditutup. Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini dan  melestarikan lingkungan , penting untuk mendaur ulang logam.

2. Pengurangan Emisi

Pernahkah Anda mendengar tentang  pemanasan global ? Ini adalah fenomena yang disebabkan oleh peningkatan konstan emisi karbon dioksida di atmosfer. Meskipun sulit untuk membatalkan apa yang telah dilakukan terhadap atmosfer dalam hal perusakan  lapisan ozon  dan pemanasan global, kita dapat mengontrol atau menghentikan kerusakan lebih lanjut. Ini hanya dapat dilakukan dengan melakukan daur ulang logam dan limbah padat lainnya.

Daur ulang logam menghemat sumber daya alam dengan mengurangi emisi gas rumah kaca dan menggunakan lebih sedikit energi daripada membuat logam dari bijih murni. Produksi logam baru melepaskan emisi gas rumah kaca yang jauh lebih besar dibandingkan dengan membuat produk dari logam daur ulang.

Emisi ini dapat memengaruhi perubahan iklim dan juga dapat menyebabkan tingkat polusi udara yang berbahaya di kota, yang berpotensi menimbulkan masalah kesehatan pernapasan bagi Anda dan penduduk lainnya. The Institute of Scrap Daur Ulang Industries (Balittanah) melaporkan bahwa daur ulang logam dapat mengurangi emisi gas rumah kaca 300,000,000-500,000,000 ton.

3. Pembangunan Ekonomi

Melalui daur ulang, pemerintah dapat menghemat banyak uang yang dapat digunakan untuk menambang dan memproses logam. Uang yang dihemat dapat disalurkan ke program pembangunan lain yang dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat dan perekonomian secara keseluruhan.

Selain itu, melalui ekspor logam daur ulang, pemerintah dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan, meningkatkan status sosial ekonomi warganya, dan menyediakan pekerjaan bagi para penganggur.

Daur ulang logam menciptakan 36 kali lebih banyak pekerjaan daripada mengirim jumlah limbah logam yang sama ke insinerator, dan enam kali lebih banyak daripada mengirim logam ke tempat pembuangan sampah, menurut National Institute of Health. The Koalisi Daur Ulang Nasional mengatakan industri daur ulang, secara umum, menghasilkan $ 236 miliar per tahun dan mempekerjakan lebih dari satu juta pekerja di seluruh Amerika.

4. Pengelolaan Konsumsi Energi

Daur ulang logam mengurangi permintaan akan  sumber daya alam seperti bijih. Ketika semakin banyak logam yang didaur ulang, permintaan logam alam berkurang. Selain itu, lebih sedikit energi yang dibutuhkan untuk memproses besi tua daripada yang dibutuhkan untuk mengekstraksi bijih dari bumi, memurnikannya dan kemudian membentuknya menjadi bentuk dan ukuran yang diinginkan.

Jumlah energi yang dihemat menggunakan berbagai logam daur ulang dibandingkan dengan bijih murni mencapai 92% untuk aluminium, 90% untuk tembaga dan 56% untuk baja. Menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS , jika Anda mendaur ulang satu kaleng minuman aluminium, Anda membantu menghemat energi yang cukup untuk menyalakan bola lampu 60 watt selama lebih dari empat jam. Energi yang diawetkan dapat digunakan untuk tujuan lain dalam perekonomian.

5. Beri Ruang di Tempat Pembuangan Akhir untuk Barang yang Tidak Dapat Didaur Ulang

Tempat pembuangan sampah menjadi semakin penuh dengan sampah dan barang-barang yang dapat didaur ulang. Daur ulang adalah suatu keharusan untuk melestarikan ruang TPA yang berharga ini. Hal ini terutama berkaitan dengan daur ulang logam bekas, bahan yang mudah didaur ulang yang dapat digunakan kembali untuk sejumlah kegunaan yang berbeda.

6. Meningkatkan Kualitas Udara dan Air Tanah

Sampah di tempat pembuangan sampah berkontribusi pada emisi gas rumah kaca. Menjauhkan logam dari tempat pembuangan sampah membantu mengurangi hasil berbahaya ini. Selain itu, jika sampah terkubur di tempat pembuangan sampah, maka akan mencemari tanah, akhirnya masuk ke pasokan air tanah ketika hujan membawanya ke waduk yang menampung air minum.

7. Peluang Bisnis dalam Daur Ulang Logam

Secara tradisional, daur ulang logam telah dianggap sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Pada tingkat kewirausahaan, pintu masuk umum ke bisnis daur ulang logam adalah dengan memulai bisnis pengumpulan logam bekas atau menjadi penjual logam bekas. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, harga yang tertekan terbukti menjadi tantangan.

8. Menghemat Uang Anda

Ini adalah salah satu alasan terbaik namun paling diabaikan. Jika kebanyakan orang mendaur ulang logam dan barang logam secara teratur, akan lebih murah untuk menghasilkan logam dalam hal energi dan bijih yang dibutuhkan. Ini berarti bahwa biaya sebenarnya untuk membeli logam akan berkurang sehingga menghemat uang Anda.

Untuk menyimpulkan, logam adalah sumber daya penting yang harus didaur ulang untuk memastikan pasokan yang stabil, mencegah  degradasi lingkungan  dan meningkatkan perekonomian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel