Pengertian dan Contoh Kapasitas Panas Molar

Kapasitas kalor molar atau kapasitas kalor jenis molar adalah besarnya energi kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 mol suatu zat.

Dalam satuan SI, kapasitas kalor molar (lambang: cn) adalah jumlah kalor dalam joule yang dibutuhkan untuk menaikkan 1 mol suatu zat 1 Kelvin .

  • cn = Q/ΔT

dimana Q adalah panas dan ΔT adalah perubahan suhu. Untuk sebagian besar tujuan, kapasitas panas dilaporkan sebagai sifat intrinsik, yang berarti merupakan karakteristik zat tertentu. Kapasitas kalor diukur dengan menggunakan kalorimeter. Kalorimeter bom digunakan untuk kalkulasi pada volume konstan. Kalorimeter cangkir kopi sesuai untuk mencari kapasitas panas tekanan konstan.

Satuan Kapasitas Panas Molar

Kapasitas kalor molar dinyatakan dalam satuan J/K / mol atau J/mol·K, di mana J adalah joule, K adalah Kelvin, dan m adalah jumlah mol. Nilai mengasumsikan tidak ada perubahan fase yang terjadi. Biasanya Anda akan memulai dengan nilai massa molar, dalam satuan kg / mol. Satuan kalor yang kurang umum adalah kilogram-Kalori (Cal) atau varian cgs, gram-kalori (cal). Ini juga memungkinkan untuk menyatakan kapasitas panas dalam satuan massa pon menggunakan suhu dalam derajat Rankine atau Fahrenheit.

Contoh Kapasitas Panas Molar

Air memiliki kapasitas kalor jenis molar 75,32 J/mol·K. Tembaga memiliki kapasitas kalor jenis molar 24,78 J / mol · K.

Kapasitas Panas Molar versus Kapasitas Panas Spesifik

Sementara kapasitas panas molar mencerminkan kapasitas panas per mol, istilah terkait kapasitas panas adalah kapasitas panas per satuan massa. Kapasitas panas spesifik juga dikenal sebagai panas spesifik . Terkadang kalkulasi teknik menggunakan kapasitas kalor volumetrik, bukan kalor jenis berdasarkan massa.

Poin Penting Kapasitas Panas Molar

  • Kapasitas kalor molar adalah jumlah kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 mol suatu zat sebesar 1 Kelvin.
  • Satuan SI untuk kapasitas kalor molar adalah joule, jadi kapasitas kalor molar dinyatakan dalam J / mol · K.
  • Kapasitas kalor molar adalah kapasitas kalor jenis per satuan massa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel