Pengertian Jaringan Saraf

Jaringan saraf adalah jaringan primer yang menyusun sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi . Neuron adalah unit dasar jaringan saraf. Mereka bertanggung jawab untuk merasakan rangsangan dan mengirimkan sinyal ke dan dari berbagai bagian organisme. Selain neuron, sel khusus yang dikenal sebagai sel glial berfungsi untuk mendukung sel saraf. Karena struktur dan fungsi sangat terkait dalam biologi, struktur neuron secara unik disesuaikan dengan fungsinya di dalam jaringan saraf.

Ini adalah mikrograf elektron pemindaian berwarna (SEM) dari neuron (sel saraf). Badan sel adalah struktur pusat dengan neurit (struktur panjang dan tipis) yang menjalar keluar darinya. Neurit adalah istilah umum yang digunakan untuk proses yang menghubungkan sel-sel saraf bersama untuk membentuk jaringan jaringan saraf.

Neuron

Sebuah neuron terdiri dari tiga bagian utama:

  • Badan Sel: Badan  sel pusat berisi inti neuron , sitoplasma terkait , dan organel lainnya .
  • Akson: Bagian neuron ini mengirimkan informasi dan meluas dari soma atau tubuh sel. Ini biasanya membawa sinyal dari tubuh sel, tetapi kadang-kadang menerima impuls dari koneksi axoaxonic.
  • Dendrit: Dendrit mirip dengan akson, tetapi cenderung merupakan ekstensi bercabang banyak yang biasanya membawa sinyal ke badan sel. Mereka umumnya menerima impuls neurokimia dari akson sel lain.

Neuron biasanya memiliki satu akson (bisa bercabang). Akson biasanya berhenti pada sinapsis yang melaluinya sinyal dikirim ke sel berikutnya , paling sering melalui dendrit. Ini dikenal sebagai sambungan aksodendritik. Namun, akson juga dapat berhenti pada badan sel, sambungan aksosomatik, atau pada panjang akson lain, yang dikenal sebagai sambungan aksonaksonik. Tidak seperti akson, dendrit biasanya lebih banyak, lebih pendek dan lebih bercabang. Seperti struktur organisme lain, ada pengecualian. Ada tiga jenis neuron: sensorik, motorik, dan interneuron. Neuron sensorik mengirimkan impuls dari organ sensorik (mata, kulit, dll.) ke sistem saraf pusat. Neuron-neuron ini bertanggung jawab atas kelima indra Anda. Neuron motorik mengirimkan impuls dari otak atau sumsum tulang belakang ke otot atau kelenjar. Interneuron menyampaikan impuls dalam sistem saraf pusat dan bertindak sebagai penghubung antara neuron sensorik dan motorik. Kumpulan serat yang terdiri dari neuron membentuk saraf. Saraf bersifat sensorik jika terdiri dari dendrit saja, motorik jika terdiri dari akson saja, dan bercampur jika terdiri dari keduanya.

Sel Glial

Sel glial, kadang-kadang disebut neuroglia, tidak melakukan impuls saraf tetapi melakukan sejumlah fungsi pendukung untuk jaringan saraf. Beberapa sel glial, yang dikenal sebagai astrosit, ditemukan di otak dan sumsum tulang belakang dan membentuk sawar darah-otak. Oligodendrosit yang ditemukan di sistem saraf pusat dan sel Schwann dari sistem saraf tepi membungkus beberapa akson saraf untuk membentuk lapisan isolasi yang dikenal sebagai selubung mielin. Selubung mielin membantu konduksi impuls saraf yang lebih cepat. Fungsi sel glia lainnya termasuk perbaikan sistem saraf dan perlindungan terhadap mikroorganisme.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel