Tanda Peringatan Petir Yang Tidak Harus Anda Abaikan

Jika Anda berada di luar ruangan saat badai petir datang, Anda mungkin tergoda untuk mengulur waktu selama mungkin sebelum masuk ke dalam ruangan. Tapi bagaimana Anda tahu kapan saatnya menghentikan apa yang Anda lakukan dan masuk ke dalam? Perhatikan tanda-tanda tertentu; mereka akan memperingatkan Anda saat tiba waktunya untuk mencari perlindungan di dalam ruangan dan saat  petir  mungkin akan menyambar.

Tanda-tanda Petir

  • Petir awan ke darat ada di dekatnya jika Anda melihat satu atau lebih dari tanda-tanda awal ini. Segera cari perlindungan untuk mengurangi risiko cedera petir atau bahkan kematian.
  • Awan kumulonimbus yang tumbuh pesat. Meskipun awan cumulonimbus tampak putih cerah dan terbentuk di langit cerah, jangan tertipu — ini adalah tahap awal dari badai petir yang berkembang . Jika Anda melihat mereka tumbuh lebih tinggi dan lebih tinggi di langit, Anda dapat yakin bahwa badai sedang datang dan menuju ke arah Anda.
  • Angin kencang dan langit yang semakin gelap. Ini adalah tanda-tanda akan datangnya badai.
  • Guntur terdengar. Guntur adalah suara yang tercipta dari petir, jadi jika guntur dapat didengar, petir sudah dekat. Anda dapat menentukan seberapa dekat (dalam mil) dengan menghitung jumlah detik antara kilatan petir dan sambaran petir dan membaginya dengan lima.
  • Peringatan badai petir yang parah. Layanan Cuaca Nasional mengeluarkan peringatan badai petir yang parah setiap kali badai hebat terdeteksi di radar cuaca  atau dikonfirmasi oleh pengamat badai. Petir dari awan ke darat sering menjadi ancaman utama badai semacam itu .
  • Petir selalu terjadi selama badai petir, tetapi badai tidak perlu berada tepat di atas kepala Anda agar Anda dapat disambar petir. Ancaman petir sebenarnya dimulai saat badai mendekat, memuncak saat badai di atas kepala, dan kemudian secara bertahap berkurang saat badai menjauh.

Mencari Tempat Perlindungan

Pada tanda pertama mendekati petir, Anda harus segera mencari perlindungan, idealnya di gedung tertutup atau bangunan lain, jauh dari jendela. Jika Anda berada di rumah, Anda mungkin ingin mundur ke ruang tengah atau lemari. Jika Anda tidak dapat menemukan tempat berlindung di dalam, pilihan terbaik berikutnya adalah kendaraan dengan semua jendela tertutup. Jika karena alasan apapun, Anda terjebak di luar, Anda harus memastikan untuk menjauh dari pohon dan benda tinggi lainnya. Jauhkan dari air dan apapun yang basah, karena air adalah penghantar listrik yang kuat.

Tanda-tanda Akan Diserang Petir

Saat petir menyambar Anda atau area terdekat, Anda mungkin mengalami satu atau lebih tanda peringatan ini beberapa detik sebelumnya.

  • Rambut berdiri di ujung
  • Kulit kesemutan
  • Rasa logam di mulutmu
  • Bau klorin (ini adalah ozon , yang dihasilkan saat nitrogen oksida dari petir berinteraksi dengan bahan kimia lain dan sinar matahari)
  • Telapak tangan berkeringat
  • Suara bergetar, berdengung, atau berderak yang berasal dari benda logam di sekitar Anda

Jika Anda melihat salah satu dari tanda-tanda ini, mungkin sudah terlambat untuk menghindari pukulan dan kemungkinan cedera atau kematian. Namun, jika ternyata Anda punya waktu untuk bereaksi, Anda harus lari secepat mungkin ke lokasi yang lebih aman. Berlari membatasi jumlah waktu saat kedua kaki Anda berada di tanah pada saat tertentu, mengurangi ancaman dari arus tanah (petir yang bergerak keluar dari titik sambaran di sepanjang permukaan tanah).

Sumber:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel